fbpx
Ini 6 Cara Gampang Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

Ini 6 Cara Gampang Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

Mendengkur atau ngorok saat tidur merupakan masalah umum yang sering terjadi. Ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, aktivitas dan bahkan kondisi medis. Jika kita mengalami situasi ini dan merasa terganggu, ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan mendengkur secara alami dan mudah untuk dipraktikkan.

Meski tergolong masalah yang tidak serius, kebiasaan mendengkur seringkali mengganggu tidur, bahkan bagi orang terdekat. Alasannya, karena suara keras yang ditimbulkan saat mendengkur.

Oleh karena itu, banyak orang dengan masalah kebiasaan mendengkur mencoba mencari solusi untuk mengatasinya. Namun, tahukah bahwa ada cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang bisa dilakukan dengan sederhana.

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur secara alami dapat dijadikan sebagai metode alternatif untuk mengatasi mendengkur saat tidur. Hal ini tentunya dapat membantu kita mendapatkan kualitas tidur yang baik. Nah, simak ulasannya di bawah ini tentang cara menghilangkan kebiasaan mendengkur alami ala KulikMedia:

Baca Juga :  Ini Lho 5 Penyebab Teliga Berdenging, Apakah Bahaya?

1. Ubah posisi tidur

Disarankan agar kita condong ke kiri atau ke kanan saat tidur. Ini karena tidur telentang menyebabkan pangkal lidah lebih condong ke bagian belakang tenggorokan, sehingga menghalangi aliran udara di tenggorokan dan menyebabkan dengkuran.

Oleh karena itu, untuk menghentikan dengkuran, ubah posisi tidur menyamping agar udara dapat lewat dengan bebas melalui tenggorokan.

2. Menjaga berat badan ideal

Mempertahankan berat badan yang ideal dapat mencegah penebalan jaringan tenggorokan dan penyempitan saluran tenggorokan. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga berat badan ideal kita  dengan cara olahraga teratur dan menjalani diet sehat.

3. Bersihkan saluran hidung

Jika kita mengalami hidung tersumbat, bilas sinus dengan garam sebelum tidur. Kita juga dapat menggunakan dekongestan hidung atau strip hidung untuk membantu bernapas lebih lega.

4. Berhenti merokok

Orang yang merokok juga cenderung mendengkur saat tidur. Ini karena merokok mengiritasi selaput lendir hidung dan tenggorokan, yang dapat menyumbat saluran udara dan menyebabkan dengkuran.

5. Hindari alkohol dan obat penenang

Jika kita memiliki kebiasaan minum alkohol, sebaiknya hindari kebiasaan itu. Begitu pula dengan kebiasaan mengonsumsi obat penenang, seperti obat tidur. Pasalnya, alkohol dan obat penenang tergolong sebagai relaksan  otot yang dapat melemaskan otot.

Baca Juga :  Kerap Pusing Setelah Makan? Ini Cara Mengatasinya

Sayangnya, kondisi ini justru meningkatkan risiko mendengkur saat tidur. Hal ini terjadi karena ketika otot tenggorokan rileks, lidah juga rileks, sehingga dapat menyumbat jalan napas. Jika sudah seperti itu, kita berisiko lebih besar mendengkur di malam hari.

6. Olahraga secara teratur

Secara umum, olahraga dapat mengurangi dengkuran. Pasalnya, olahraga dapat mengencangkan berbagai otot tubuh, seperti lengan, kaki dan perut, termasuk otot tenggorokan. Inilah sebabnya mengapa olahraga dapat mengurangi dengkuran. Kita juga dapat melakukan beberapa latihan khusus untuk memperkuat otot di tenggorokan.