fbpx
Katanya Madu Nggak Bisa Basi, Benar Nggak Sih

Katanya Madu Nggak Bisa Basi, Benar Nggak Sih?

Madu merupakan bahan makanan yang sangat tahan lama jika disimpan dengan benar. Bahkan madu disebut tidak memiliki masa kedaluwarsa. Betulkah demikian?

Madu murni tidak memiliki masa kedaluwarsa. Namun jika disimpan terlalu lama, kualitas madu murni akan menurun.

Kualitas madu menurun

Penurunan kualitas madu dapat dilihat dari tiga aspek yaitu warna, rasa dan aroma. Madu akan menjadi gelap jika disimpan terlalu lama. Dalam beberapa kasus, madu bahkan bisa menjadi hitam.

Tidak hanya warna, rasa dan aroma madu akan berubah dari rasa aslinya. Selain itu, madu juga bisa berubah teksturnya. Madu akan terkristalisasi, dengan kata lain akan menjadi lebih padat dan keruh.

Jika sudah demikian, madu tidak harus dibuang. kita masih bisa menggunakan madu terkristalisasi lho.

Cara menggunakan madu terkristalisasi

Untuk menggunakan madu yang sudah berbentuk kristal, tinggal buka tutup wadah madunya.

Kemudian masukkan wadah kaca madu ke dalam panci berisi air panas dan tunggu beberapa saat.

Baca Juga :  4 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Asam Urat

Namun jika kita menyimpan madu dalam wadah plastik, sebaiknya pindahkan dulu ke wadah kaca.

Cara menyimpan madu dengan benar

Agar kualitas madu tidak mengalami penurunan secara cepat, maka simpanlah dengan benar. Berikut cara menyimpan madu dengan benar:

Pertama, gunakan wadah yang terbuat dari kaca atau plastik. Hal ini perlu diperhatikan karena jika madu disimpan dalam wadah logam akan memicu terjadinya reaksi oksidasi. Wadah kaca bersifat netral dan tidak mudah terurai saat terkena panas. Sehingga tidak memengaruhi rasa dan khasiat madu.

Selain itu, pastikan wadah tidak berbau dan benar-benar kering. Bahkan setetes air dalam wadah dapat merusak kualitas madu. Demikian pula bau asing dalam wadah harus dihilangkan untuk menjaga aroma madu.

Kedua, pastikan wadahnya kedap udara dan kering. Karena wadah yang terbuka akan menarik perhatian semut. Selain itu, madu bersifat higroskopis, yang mana jika wadah penyimpanannya dibuka, madu akan menyerap uap air di sekitarnya. Akibatnya, tekstur madu menjadi encer dan rasanya berubah. Lain halnya jika wadah tertutup, madu akan mempertahankan kekentalannya.

Baca Juga :  6 Makanan dan Minuman untuk Menjaga Kesehatan Hati

Ketiga, jauhkan madu dari sumber panas. Seperti kompor dan sinar matahari langsung. Madu akan menjadi hitam saat dipanaskan. Selain itu, dapat menghancurkan sifat antibakteri dan mengoksidasi zat besi dalam madu. Akibatnya, manfaat madu jadi berkurang.