fbpx
4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing

4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing

Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Ketika Idul Adha tiba, rumah pasti akan dipenuhi daging.

Sapi dan kambing merupakan hewan kurban yang paling umum di Indonesia. Ketika belum disembelih, sapi dan kambing sangat mudah dibedakan.

Selain bentuknya yang berbeda, ukuran sapi dan kambing juga sangat berbeda.

Namun, saat sudah disembelih dan dipotong, daging sapi dan kambing sepertinya sulit dibedakan. Bahkan bentuknya yang mirip menyulitkan kita untuk membedakannya.

Nah agar tidak bingung, simak cara membedakan daging sapi dan kambing di bawah ini:

1. Perhatikan warna dagingnya

Cara paling sederhana adalah dengan memerhatikan perbedaan warna daging. Keduanya memang terlihat merah, tetapi tetap berbeda. Warna daging kambing lebih merah cerah. Saat terkena udara, warna daging kambing berubah menjadi pucat keunguan.

Sementara itu, daging sapi merah cenderung pucat. Saat terkena udara, daging sapi berubah warna menjadi cokelat tua. Dari warnanya saja sudah terlihat perbedaan yang mencolok.

Baca Juga :  6 Bumbu Dapur Pengusir Tikus yang Patut Dicoba

2. Teksturnya juga berbeda

Selain warna daging, kita juga bisa membedakannya dari tekstur dagingnya. Tekstur daging sapi cenderung halus dan lembut saat dipegang. Dibandingkan dengan daging kambing yang memiliki tekstur lebih kasar.

Selain itu, tekstur daging sapi yang cukup keras membuat lemaknya terlihat padat. Pada daging kambing, gumpalan lemak hanya terkumpul di bagian tertentu.

3. Tercium jelas dari aromanya

Cara yang efektif dan sederhana untuk membedakan kedua jenis daging ini adalah melalui baunya. Seperti yang kita ketahui bersama, daging kambing terkenal dengan baunya yang khas dan menyengat.

Kalau daging sapi, baunya lebih amis dan anyir. Meski begitu, bau daging kambing akan jauh lebih prengus bakal lebih tercium. Sehingga tidak sulit untuk membedakan antara daging kambing dan sapi.

Bahkan jika daging kambing dibersihkan sedemikian rupa, baunya masih ada daripada daging sapi yang baunya lebih samar meski sudah dibersihkan. Jika ragu, kita bisa mencium keduanya dan membedakannya.

4. Perhatikan serat dagingnya

Cara selanjutnya adalah mengamati serat dagingnya. Serat daging sapi lebih kecil dan kurang terlihat, tetapi ada banyak. Pada daging kambing, seratnya cenderung lebih tebal dan padat.

Baca Juga :  Pakai 6 Bahan Dapur Ini, Semut di Rumah Pasti Hilang

Jika kita masih tidak yakin, cobalah meregangkan dagingnya. Dengan cara ini, serat dalam daging akan terlihat lebih jelas.