fbpx
Kumpulan Tips dan Trik Menggunakan Zoom untuk PJJ

Kumpulan Tips dan Trik Menggunakan Zoom untuk PJJ

Pembelajaran jarak jauh di Indonesia sudah berlangsung sekitar satu setengah tahun. Selama ini beberapa sekolah telah menggunakan beberapa platform video conference untuk Pembelajaran jarak jauh, salah satunya adalah Zoom Meetings.

Platformnya ini sendiri melejit di awal pandemi karena dinilai sangat mudah digunakan dibandingkan platform sejenis lainnya. Bagi yang belum familiar dengan Zoom atau yang masih jarang menggunakan Zoom, bisa mencoba beberapa tips dan trik Zoom di bawah ini.

1. Mematikan mikrofon Zoom (mute, diam)

Ada dua mode untuk menonaktifkan suara (mute). Pertama, dengan mengklik ikon mikrofon. Dan, cara kedua dapat dilakukan lebih mudah, yaitu jika kita menggunakan komputer, tekan tombol space bar (tombol spasi).

2. Blur background Zoom

Jika kita tidak ingin menampilkan latar belakang selama konferensi video, Zoom memiliki fitur blur latar belakang. Dengan menggunakan fitur ini, latar belakang akan menjadi efek bokeh atau blur. Cara mengubah background blur pada Zoom sangat sederhana.

  1. Di bagian bawah layar, ada ikon video.
  2. Kemudian, klik anak panah ke atas, lalu pilih “choose virtual background“.
  3. Pilih opsi “virtual background
  4. Terakhir, pilih “blur“. Kemudian latar belakang akan menjadi blur.
  5. Mengubah latar belakang zoom selain blur
Baca Juga :  Ini Cara Menghemat Kuota Data Zoom dan Google Meet

Selain opsi “Blur“, kita juga dapat memilih latar belakang dengan pemandangan lain. Untuk mengubah latar belakang, ikuti langkah 1-3 sebagaimana dijelaskan pada poin kedua di atas.

Setelah memilih “virtual background“, pilih beberapa opsi gambar background default, seperti “earth“, “San Francisco” atau “grass“.

3. Tambahkan filter virtual Zoom

Pengguna juga dapat menggunakan filter untuk mengubah latar belakang. Filter latar belakang dan zoom adalah dua fitur yang berbeda.

Latar belakang akan menggantikan seluruh latar belakang, sementara filter akan menambahkan efek tambahan ke latar belakang. Misalnya, efek tone/warna yang lebih lembut, lebih hangat atau lebih dingin.

Bisa juga berupa filter yang menampilkan emoji atau hiasan lainnya. Caranya tidak sulit.

  1. Di bagian bawah layar, ada ikon video.
  2. Kemudian, klik anak panah ke atas dan pilih “choose video filters“.
  3. Kemudian, pilih filter yang ingin dipasang, bisa berupa “comic book”, analog mini TV, happy meet dan lainnya.
Baca Juga :  Cara Merekam Rapat Zoom di PC, Ponsel dan Lainnya

Pengguna dapat menggunakan latar belakang dan filter secara bersamaan. Sayangnya, pengguna hanya dapat menggunakan satu opsi filter.

4. Tambahkan latar belakang zoom dari gambar sendiri

Jika kita tidak puas dengan opsi gambar latar belakang yang tersedia, pengguna dapat memasang gambar sendiri dengan mengunggah gambar yang tersimpan di perangkat.

Tidak hanya foto statis, pengguna juga dapat mengunggah gambar atau video dinamis sebagai latar belakang. Jika kita ingin memasang latar belakang dengan format video pendek (seperti bumper), berikut caranya:

  1. Ada ikon video di bagian bawah layar
  2. Kemudian, klik anak panah ke atas dan pilih “choose virtual background“.
  3. Pilih opsi “virtual background
  4. Klik ikon “tambah” di sisi paling kanan.
  5. Jika kita ingin menambahkan gambar ke latar belakang, silakan pilih “image“, jika kita ingin menambahkan video, silakan pilih “video“.
  6. Pilih file foto atau video di lokasi penyimpanan perangkat, lalu klik dua kali file yang dipilih.
Baca Juga :  Cara Merekam Rapat Zoom di PC, Ponsel dan Lainnya