fbpx
Ini Buah-buahan yang Bagus Disantap Saat Malam Hari

Ini Buah-buahan yang Bagus Disantap Saat Malam Hari

Selama diet penurunan berat badan, makan buah sebagai camilan malam adalah pilihan yang baik.

Paling tidak, makan buah bisa menekan keinginan makan makanan berkalori tinggi seperti keripik, mi instan, kue, es krim dan lainnya.

Buah adalah makanan yang bergizi, kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi dari kandungan kalorinya, sehingga membantu mencegah makan berlebihan di malam hari.

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi gula olahan dapat mengganggu tidur karena dapat menyebabkan fluktuasi energi yang cepat. Karena itu, jika kita lapar di malam hari, makan buah segar adalah pilihan terbaik.

Makan lebih banyak buah, terutama buah dengan kandungan magnesium tinggi dapat membuat tubuh merasa rileks dan tidur lebih nyenyak.

Berikut lima rekomendasi buah yang cocok untuk menurunkan berat badan di malam hari saat diet.

1. Stroberi

Stroberi tidak hanya membuat kita kenyang, tetapi juga mengandung polifenol yang telah terbukti membantu menurunkan berat badan dan mencegah pembentukan sel lemak.

Baca Juga :  Ini Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan buah merah ini dapat membantu menghilangkan stres dengan menurunkan tingkat hormon stres kortisol.

Stroberi bisa dimakan langsung atau dicampurkan dengan yogurt dan oatmeal.

2. Pisang

Saat kita merasa lapar, pisang adalah salah satu makanan terbaik.

Tidak saja air buah dan kandungan seratnya yang dapatkan mengenyangkan, tetapi potasium juga dapat melawan retensi air dan kembung.

Mineral ini juga membantu pemulihan otot setelah berolahraga.

3. Kiwi

Buah kiwi mengandung serat alami dan kaya akan vitamin C, antioksidan dan serotonin. Semua ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan pada saat yang sama membantu meningkatkan kualitas tidur.

Jika kita mengalami insomnia, cobalah makan 1-2 buah kiwi ukuran sedang setidaknya satu jam sebelum tidur.

Selain itu, buah kiwi baik untuk kesehatan sistem pencernaan, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol.

4. Ceri

Buah yang sering dijadikan sebagai garnis pada tart ini terbukti baik untuk diet dan meningkatkan kualitas tidur.

Ceri mengandung triptofan dan antosianin yang tinggi, yang membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

Baca Juga :  Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Bagi yang sedang menurunkan berat badan, makan buah ceri mungkin bisa menjadi camilan buah yang tepat karena rendah kalori, gula dan glikemik, sehingga bisa menghindari lonjakan gula darah.

Dalam secangkir ceri, sekitar 150 gram mengandung kurang dari 100 kalori dan 3 gram serat, yang membuat perut terasa lebih kenyang.

5. Pepaya

Buah yang cocok untuk dimakan di malam hari lainnya adalah pepaya. Buah sepanjang musim ini efektif untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat, mencegah sembelit dan menurunkan berat badan.

Pepaya juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Pepaya memiliki peran ganda dan diperlukan dalam proses pembakaran lemak, juga membantu meningkatkan produksi serotonin, sehingga mengurangi insomnia.