fbpx
Panduan Membeli Saham Online & Offline Bagi Pemula

Panduan Membeli Saham Online & Offline Bagi Pemula

Investasi tidak saja sekedar menyimpan uang di bank, membeli rumah atau emas. Bentuk investasi juga bisa dilakukan dengan membeli saham. Bagaimana cara membeli saham bagi pemula? Simak penjelasannya di bawah ini.

Saham menjadi salah satu jenis investasi yang banyak diminati belakangan ini. Saham juga dapat dijadikan sebagai investasi jangka pendek dan jangka panjang.

Sebelum memutuskan untuk membeli saham, tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah cara membeli dan menjual saham.

Informasi berikut akan membahas bagaimana cara membeli saham bagi pemula.

Cara membeli saham offline dan online

Perlu kita ketahui bahwa ada dua cara untuk membeli saham, online dan offline. Ada beberapa urutan atau langkah yang harus kita ikuti saat membeli saham, berikut tata cara membeli saham yang harus kita ketahui:

Baca Juga :  Cara Daftar Layanan Brankas di Antam, Cek di Sini!

A. Cara membeli saham secara offline

  1. Untuk pembelian saham secara offline, kita perlu membawa dokumen seperti KTP, NPWP, buku tabungan dan materai ke kantor perusahaan sekuritas.
  2. Selanjutnya mengisi formulir pendaftaran investor pasar modal yang disediakan oleh perusahaan sekuritas.
  3. Langkah ketiga adalah menyetorkan dana awal. Setiap calon investor perlu menyetorkan sejumlah dana tertentu ke rekening dana investor atau RDI. Secara umum, jumlah minimal yang harus disetorkan sebagai modal awal berbeda-beda, tergantung kebijakan dan ketentuan masing-masing perusahaan sekuritas.
  4. Setelah proses pendaftaran selesai, kita akan mendapatkan kode yang berisi pintransaksi, password dan user ID yang dapat kita gunakan untuk mengakses dan melakukan jual-beli saham milik perusahaan sekuritas
  5. Kita dapat mulai membeli dan menjual saham

B. Cara membeli saham secara online

Salah satu dampak kemajuan teknologi adalah kita bisa membeli saham kapan saja dan di mana saja dengan ponsel kita, berikut cara membeli saham secara online:

  1. Langkah pertama adalah menentukan broker saham, yang dapat dicari di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI)
  2. Selanjutnya, kita akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening online dan mengisi data pribadi seperti nama lengkap, nomor ponsel dan email
  3. Selain membuka rekening saham di broker, kita juga perlu membuat rekening dana nasabah (RDN). Pada tahap ini, kita akan diminta untuk memberikan KTP sebagai salah satu syarat pelengkap
  4. Langkah keempat adalah menyetor dana sebelum kita dapat membeli atau menjual saham
Baca Juga :  4 Tips Memilih Saham IPO, Cuan Dijamin Mengalir

Daftar situs dan aplikasi untuk jual-beli saham

  1. Join
  2. BEST BCA Sekuritas
  3. POEMS ProTrader
  4. Trima Apps
  5. HOTS
  6. MOST Mandiri Sekuritas
  7. MNC Trade New
  8. ESOne Ekuator Swarna Sekuritas
  9. Sinarmas Sekuritas Online Trading

Daftar situs dan aplikasi untuk memonitor bursa saham

  1. Yahoo Finance
  2. com
  3. Seeking Alpha
  4. Trading Economics
  5. MarketWatch
  6. Google Finance
  7. RTI
  8. co.id