fbpx
Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Berakibat Penuaaan Dini

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Berakibat Penuaaan Dini

Beberapa kebiasaan yang dilakukan sekarang bisa membuat kita terlihat lebih tua sebelum waktunya. Selain itu, kebiasaan seperti itu juga bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya kita menghindari beberapa kebiasaan yang dapat mempercepat penuaan dini.

1. Merokok dan minum alkohol

Jika anda seorang perokok dan rutin minum alkohol, ada baiknya mengurangi atau bahkan berhenti merokok mulai dari sekarang. Merokok dan minum minuman beralkohol dapat mempercepat penuaan dini karena kandungan di dalamnya dapat membuat kulit menjadi kering, kusam dan keriput.

Rokok mengandung nikotin yang dapat merusak kolagen kulit, sedangkan alkohol dapat membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan kerutan.

Meski kita tidak merokok, sebaiknya hindari asap rokok dari perokok aktif di sekitar kita, karena mengisap asap rokok dari luar juga berbahaya bagi kesehatan kulit.

2. Posisi tidur

Tidur dengan posisi yang sama setiap malam ternyata bisa menyebabkan kerutan di wajah. Tidur miring dalam waktu lama dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus di sekitar pipi dan dagu.

Baca Juga :  4 Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Cepat dan Praktis

Tidur telentang adalah posisi tidur yang baik dan dapat membantu mencegah kerutan. Pada posisi ini, wajah kita melawan gravitasi, sehingga kulit wajah tidak akan tertarik ke bawah.

3. Stress

Stress melepaskan hormon tertentu yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan menghambat proses perbaikan kulit.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa peradangan terkait stres juga dapat menyebabkan insomnia, depresi, kecemasan, penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah stres adalah dengan menenangkan diri melalui meditasi.

4. Terjebak macet setiap hari

Lokasi kantor yang jauh dari rumah, belum lagi kemacetan menjadi kenyataan yang tidak mengenakkan. Ternyata menghabiskan beberapa jam sehari dalam kemacetan lalu lintas sama berbahayanya bagi kesehatan dan kewarasan.

Kemacetan lalu lintas yang berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kortisol dan adrenalin, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Oleh karena itu, ada ancaman fisik langsung.

Kecuali jika kita memang menyukai pekerjaan saat ini, namun cobalah untuk mempertimbangkan kembali mencari kantor yang lebih dekat dengan rumah atau memilih tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantor.

Baca Juga :  8 Cara Alami dan Non Alami Menaikkan Trombosit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jarak dari rumah ke tempat kerja lebih dari 16 kilometer dan harus dilakukan setiap hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti ketidakbahagiaan hingga tekanan darah tinggi.

Namun sebagian besar efek sebenarnya dari perjalanan jarak jauh tidak hanya fisik, seperti ketegangan otot, tetapi juga mental—stres, kemarahan, kebosanan dan kelesuan.

5. Mengonsumsi gula sederhana

Diet tinggi gula sederhana dapat menyebabkan kulit menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya. Perlu diketahui, gula sederhana adalah bentuk karbohidrat yang mengandung molekul gula. Ini termasuk gula meja (disakarida) dan monosakarida seperti glukosa serta fruktosa.