fbpx
4 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Rumah

4 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Rumah

Memiliki rumah pribadi adalah dambaan setiap orang. Namun, kenaikan harga properti menjadi kendala yang harus dihadapi para pencari rumah. Langkah pertama dalam menentukan kepemilikan properti adalah memahami tujuan kepemilikan.

Setidaknya ada dua prioritas utama yang bisa dijadikan acuan, yakni sebagai tempat tinggal atau sebagai investasi. Berikut ini adalah tips membeli properti agar tidak salah pilih.

1. Menentukan tujuan membeli rumah

Membeli rumah untuk hunian sendiri sangat berbeda dengan membeli rumah untuk investasi yang suatu saat akan dijual kembali. Jika tujuan kita adalah berinvestasi, pastikan apakah itu investasi jangka menengah atau panjang.

Misalnya, jika kita ingin berinvestasi rumah untuk disewakan, semua pertimbangan harus diarahkan pada kenyamanan dan keuntungan dari menyewa rumah.

Semakin jelas tujuan investasi kita, semakin mudah untuk menentukan properti mana yang akan dipilih.

Baca Juga :  2 Jenis Investasi yang Paling Aman Bagi Kaum Rebahan

Menentukan tujuan pembelian juga akan menentukan lokasi properti atau rumah yang perlu kita beli. Selain itu, jika kita berniat menggunakannya untuk investasi jangka panjang , lokasi berperan penting dalam menentukan bagus dan menguntungkan atau tidak di masa depan karena adanya pengembangan ekonomi daerah.

2. Lokasi rumah

Lokasi rumah merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Faktor ini erat kaitannya dengan akses dan harga rumah.

Rumah yang terletak di pusat kota pasti akan membuat bepergian menjadi lebih mudah. Namun, harga tanahnya pasti akan sangat mahal, dan kita akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menabung.

Di sisi lain, rumah yang terletak di pinggiran kota bisa memakan waktu. Namun, rumah seperti ini pasti lebih murah.

Sebagai solusi, carilah rumah di pinggiran kota namun ada kendaraan umum yang memadai. Dekat dengan stasiun kereta api dan terminal tentunya menjadi nilai plus yang patut dipertimbangkan.

3. Harga yang sepadan dan skema pembayaran

Tips membeli rumah selanjutnya adalah dengan melakukan survei beberapa tempat dengan harga yang setara. Dari sana, kita dapat membandingkan rumah mana yang terbaik untuk kondisi keuangan kita.

Baca Juga :  Bibit, Salah Satu Aplikasi Reksadana Terbaik Indonesia

Selain harga yang sesuai, kita juga perlu mempertimbangkan opsi pembayaran, terutama jika membeli melalui sistem KPR.

Ingat, saat menggunakan KPR untuk membeli rumah, total harga yang harus kita bayarkan akan lebih tinggi dari harga beli tunai.

4. Menggunakan agen propert atau cari sendiri

Mencari rumah melalui website properti kini semakin mudah. Kita dapat dengan bebas mencari, membandingkan dan menghubungi pemilik langsung dari iklan yang ditampilkan di website,

Jika mencari sendiri, pastikan kita memiliki cukup waktu untuk melakukan semuanya.

Selain itu, kita dapat meminta jasa agen properti untuk menemukan rumah idaman yang paling cocok. Tentu ada komisi yang perlu disiapkan untuk membayar biaya agen properti.