fbpx
Ini 3 Skill Pekerja yang Paling Diincar di Era Pandemi

Ini 3 Skill Pekerja yang Paling Diincar di Era Pandemi

Pandemi Covid-19 berdampak banyak pada cara kerja perusahaan, termasuk kemampuan pekerja atau skill yang dibutuhkan. Di masa pandemi Covid-19, perusahaan sangat membutuhkan banyak skill.

Kemampuan ini memungkinkan kita untuk diterima oleh perusahaan di antara ribuan pelamar lainnya. Bagi yang sudah bekerja, kemampuan ini bisa menjadi nilai tambah yang bisa menghindarkan kita dari PHK atau pemecatan.

Data terbaru menunjukkan  jumlah pencarian kerja meningkat 11 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, jumlah pelamar untuk posisi yang ditawarkan perusahaan meningkat 50 persen dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Rata-rata, sebuah posisi lowongan bisa mencapai 800 pelamar, dibandingkan dengan sebelumnya hanya 400 pelamar.

Untuk meningkatkan peluang diterima kerja, kita dapat meningkatkan skill yang dicari pengusaha selama pandemi. Berikut ini adalah skill yang paling dibutuhkan perusahaan selama pandemi Covid-19.

1. Kemampuan menggunakan teknologi

Setiap pencari kerja harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi dan internet. Di masa pandemi, banyak perusahaan menerapkan work from home atau bekerja dari rumah sehingga semua komunikasi dialihkan secara online. Pekerja harus dapat menggunakan komputer, mengoperasikan aplikasi rapat online dan lainnya.

Baca Juga :  Inilah 17 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan di Rumah

2. Kemampuan menggunakan media sosial

Pesatnya perkembangan dunia digital menuntut setiap pekerja juga dapat menggunakan media sosial. Media sosial sangat penting untuk memasarkan produk dan membangun citra serta terhubung dengan publik.

3. Kemampuan berbahasa

Di era globalisasi, perusahaan sangat membutuhkan kemampuan berbahasa asing. Bahasa asing yang saat ini banyak dicari antara lain bahasa Inggris, Prancis, Mandarin dan Jepang.

Kemampuan-kemampuan ini juga harus ditunjukkan dalam data lamaran saat melamar pekerjaan, seperti dalam curriculum vitae (CV). Curriculum vitae menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya pelamar kerja. Curriculum vitae yang menunjukkan kemampuan pelamar akan meningkatkan peluang untuk dipanggil untuk mengikuti wawancara dan diterima kerja.

Jadi, saat melamar kerja, jangan lupa untuk menunjukkan skill kita di curriculum vitae ya! Skill yang ditampilkan di dalam curriculum vitae akan menjadi pertimbangan penting bagi pihak perusahaan untuk menentukan keputusan diterima atau tidaknya si pelamar kerja.