fbpx
Ketahui 7 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

Ketahui 7 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

Dari peradaban kuno hingga zaman modern, emas telah menjadi mata uang pilihan dunia. Ketika nilai mata uang tidak pasti, emas menjadi cara investasi yang menguntungkan. Harga emas bisa naik atau turun, tetapi nilainya di seluruh dunia tetap sama.

Kekhawatiran tentang inflasi dan resesi ekonomi menyebabkan emas mencapai level tertinggi pada tahun 1980, dan beberapa peristiwa selanjutnya menyebabkan perdagangan emas lebih tinggi.

Cara berinvestasi emas sebenarnya mudah, karena ada banyak pilihan untuk menyimpan emas. Berikut cara menyimpan emas yang aman dan menguntungkan:

1. Langsung dari toko emas

Cara termudah untuk berinvestasi emas adalah dengan membeli emas di pusat perdagangan emas di kota tempat tinggal kita. Setelah dana kita cukup, pergilah ke toko terpercaya atau mintalah saran kepada rekan yang pernah membelinya di toko tertentu.

Baca Juga :  4 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Rumah

Beberapa keuntungan membeli emas secara langsung antara lain:

  • Ada banyak pilihan dan ragam harga
  • Layanan konsultasi lebih lanjut
  • Bisa memilih secara langsung
  • Mendapatkan nota resmi dari toko

2. Pilih emas batangan daripada perhiasan

Jika kita memang ingin berinvestasi emas dengan membeli emas langsung di toko, silakan pilih emas batangan daripada emas perhiasan. Pasalnya, pada umumnya  emas perhiasan terdapat biaya desain dan pengerjaan di kisaran 10 – 15 persen. Jadi, harga emas perhiasan menjadi lebih mahal.

Ini kecuali jika kita ingin menyimpan emas sekaligus untuk menunjang penampilan. Selain itu, penting untuk diingat bahwa biaya desain/pengerjaan tidak dihitung saat menjual kembali.

3. Membeli di pegadaian

Program tabungan emas yang diberikan oleh Pegadaian dapat digunakan sebagai cara yang aman untuk menyimpan emas. Tabungan Emas dapat digunakan di seluruh Pegadaian, termasuk Layanan Digital Pegadaian dan Agen Pegadaian.

Sistemnya adalah transfer ke rekening, dan menabung mulai 0,1 gram. Setelah dana mencapai 1 gram, kita bisa melakukan order emas.

Baca Juga :  Kiat Sukses Main Trading Forex yang Menguntungkan

4. Mencoba layanan emas online

Pegadaian juga memiliki sistem Pegadaian Digital dan Pegadaian Syariah Digital, sehingga kita tidak perlu repot untuk mengunjungi outlet tersebut. Pastikan kita hanya membeli emas secara online dari pemasok terpercaya.

Beberapa marketplace terpercaya juga bekerjasama dengan Pegadaian atau perusahaan Antam sebagai salah satu cara untuk berinvestasi emas yang bisa diakses masyarakat via aplikasi online. Marketplace yang dimaksud di antaranya Tokopedia, Bukalapak, Orori dan Tamasia.

5. Membeli emas sistem arisan

Ada cara lain untuk berinvestasi emas yang bisa dilakukan, yakni melalui sistem arisan. Konsep arisanemas ini bukan lagi hal baru, dan sangat menyenangkan, karena selain mendapatkan keuntungan ekonomi, ada juga unsur silaturahmi.

Sistem arisan emas dapat dilakukan dengan teman-teman yang berkomitmen untuk mengikutinya sampai selesai. Kemudian kumpulkan dana untuk dibelikan emas batangan sesuai dengan undian giliran pengambilan.

6. Memantau tren harga emas

Bagi yang ingin aktif berinvestasi emas, disarankan untuk memerhatikan dengan saksama tren harga emas agar dapat memahami waktu yang tepat untuk menjual dan meraup keuntungan yang banyak. Jika harga jual mencapai spread profit yang diharapkan, kita dapat langsung menjual untuk mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut.

Baca Juga :  Tips Investasi Saham Bagi Mahasiswa Pemula, Mudah!

7. Fokus pada masa depan

Investasi emas lebih cocok untuk jangka panjang. Khusus untuk emas batangan, investasi emas bersifat lebih dari 5 tahun. Jika ingin berinvestasi emas dalam jangka pendek, disarankan investasi emas online yang lebih praktis dan bisa diperjualbelikan lebih cepat.