fbpx
5 Cara Investasi Bitcoin yang Aman dan Menguntungkan

5 Cara Investasi Bitcoin yang Aman dan Menguntungkan

Bagi anda yang ingin berinvestasi di dunia digital, investasi Bitcoin yang sedang naik daun bisa menjadi pilihan terbaik. Dalam waktu singkat, tren Bitcoin telah menarik banyak orang. Tidak hanya dari negara lain, masyarakat Indonesia juga sangat menaruh perhatian pada investasi Bitcoin ini.

Harga Bitcoin di Indonesia sangat bergantung pada permintaan pasar. Misalnya pada tahun 2013, Bitcoin belum begitu terkenal, sehingga permintaan terhadap Bitcoin masih sangat kecil. Hal ini membuat harga per kepingnya hanya sekitar 13 dolar AS. Namun, pada akhir tahun 2013, harganya melonjak tajam, mencapai 1.100 dolar AS.

Pada tahun 2017, tingkat peningkatan instrumen investasi ini mencapai 2000 persen (20 kali lipat). Ini mungkin menggiurkan, tetapi tentu saja membutuhkan pemahaman yang lebih rinci saat memainkan investasi Bitcoin. Apalagi bagi yang masih pemula, kita harus memahami cara berinvestasi Bitcoin yang aman dan menguntungkan.

Baca Juga :  Main Aman! Ini Cara Diversifikasi Portofolio Investasi

1. Bergabunglah dengan Bitcoin

Kita harus memutuskan di mana harus membeli bitcoin. Bitcoin tidak memiliki perusahaan resmi yang khusus menjual aset kripto ini, karena Bitcoin adalah teknologi open source, tetapi ada beberapa pertukaran berbeda yang dapat memfasilitasi transaksi Bitcoin. Pertukaran itu adalah perantara investasi cryptocurrency, seperti pialang saham.

Jika memutuskan untuk membeli dari bursa, kita harus memutuskan dari bursa mana kita ingin membeli. Berikut adalah dua opsi yang paling populer:

  • Coinbase: Pertukaran crypto yang sangat populer yang menjamin kerugian jika terjadi pelanggaran keamanan atau transfer penipuan.
  • Bitfinex: Pertukaran crypto tertua, dioptimalkan untuk pedagang dan pemberi pinjaman tingkat lanjut.

2. Dapatkan Bitcoin Wallet

Saat membeli Bitcoin, koin disimpan dalam dompet digital. Kita bisa mendapatkan dua jenis dompet, yaitu “hot wallet” atau  “cold wallet”.

Hot wallet adalah dompet yang dioperasikan oleh pertukaran cryptocurrency atau oleh penyedia. Hot wallet memberikan kita kemudahan karena kita dapat mengakses koin melalui internet atau program perangkat lunak.

Baca Juga :  2 Jenis Investasi yang Paling Aman Bagi Kaum Rebahan

Adapun cold wallet adalah cara paling aman untuk menyimpan koin. Cold wallet merupakan perangkat keras sebenarnya yang menyimpan koin, biasanya perangkat portabel yang mirip dengan flash drive. Harga sebagian besar cold wallet adalah antara 60 – 100 dolar AS.

3. Hubungkan Bitcoin ke rekening bank

Setelah kita mendapatkan dompet, kita perlu menghubungkan dompet ke rekening bank. Ini memungkinkan kita dapat dengan mudah membeli dan menjual koin. Kita juga dapat menghubungkan rekening kita langsung ke akun pertukaran mata uang kripto.

4. Mulai belanja Bitcoin

Ketika ketiga langkah selesai, kita sudah dapat membeli Bitcoin. Beberapa koin bernilai ribuan dolar, tetapi pertukaran acap kali memungkinkan kita untuk membeli pecahan dari satu koin. Kita dapat mulai berinvestasi pada nilai 25 dolar AS.

Berinvestasi dalam Bitcoin sangat berisiko. Sebelum membeli Bitcoin apa pun, pastikan untuk menentukan toleransi risiko dengan hati-hati dan meninjau strategi investasi kita.

5. Kelola investasi Bitcoin

Setelah membeli bitcoin, kita dapat menggunakan Bitcoin untuk transaksi online atau menyimpannya dalam jangka waktu tertentu, dengan harapan nilai Bitcoin akan meningkat.

Baca Juga :  Ketahui 7 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan

Lakukan perdagangan harian dengan membeli dan menjual koin dengan pemilik Bitcoin lainnya, yang dapat dilakukan di bursa cryptocurrency.