fbpx
Ternyata Bank di Indonesia Lebih Baik dari Jepang

Ternyata Bank di Indonesia Lebih Baik dari Jepang

Yasushi Itagaki, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengungkapkan perbedaan signifikan antara menabung dan kondisi bank di Jepang dan Indonesia, yakni terkait dengan bunga simpanan yang diberikan.

Yasushi mengatakan nasabah bank di Indonesia akan mendapatkan suku bunga yang beragam sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Sebaliknya, bunga tabungan di bank Jepang adalah 0 persen, bahkan minus.

Tentunya, perbedaan perihal bunga simpanan antara bank di Jepang dan di Indonesia ini sangat terlihat. Lantas, apa sih alasan bank di Jepang tidak memberikan bunga simpanan, bahkan minus?

Yasushi menjelaskan bank di Jepang tidak memberikan bunga tabungan karena tidak banyak orang yang mengambil pinjaman. Karena bank tidak banyak memberikan pinjaman kepada masyarakat, mereka tidak membutuhkan banyak cadangan.

Warga Jepang yang memiliki uang tunai dalam jumlah besar biasanya memilih instrumen deposito atau investasi daripada menyimpannya di rekening bank. Hal ini berbeda dengan warga negara Indonesia yang masih senang menyimpan uang dalam jumlah besar di bank.

Baca Juga :  mToken BRI: Cara Daftar, Aktivasi dan Keuntungannya

Melihat hal tersebut, Yasushi mengatakan bahwa tantangan perbankan Jepang lebih besar dibandingkan perbankan di Indonesia, dan perbankan Indonesia masih dapat terus berkembang.

Dengan kata lain, perbankan di Indonesia lebih menguntungkan dibandingkan dengan bank di Jepang.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa salah satu hal yang menjadi fokus pihaknya adalah mengedukasi generasi muda tentang literasi keuangan. Perlu diketahui bahwa tingkat pengetahuan keuangan di Indonesia masih sangat rendah.

Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019, indeks literasi keuangan hanya mencapai 38,03 persen, dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen.

Yasushi mengatakan bahwa sangat penting bagi generasi muda Indonesia untuk memahami bagaimana mengelola keuangan mereka dan memahami fasilitas keuangan yang disediakan oleh bank atau layanan keuangan lainnya.

Itulah perbedaan menabung dan kondisi bank di Jepang dan Indonesia. Dari pernyataan Yashusi di atas, kita dapat memetik pelajaran bahwa perbankan di negara maju, seperti Jepang tidak bisa melulu disebut lebih bagus dari perbankan di Indonesia.

Baca Juga :  Saldo Minimal BRI, BTN, BTN, BCA dan Bank Lainnya

Nyatanya, menurut keterangan Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia itu, perbankan di Jepang memiliki tantangan jauh lebih besar dari perbankan di Indonesia.