fbpx
Inilah 6 Ciri-ciri Umum Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Inilah 6 Ciri-ciri Umum Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Salah satu kemungkinan penyebab kegagalan dalam mengembangbiakkan ikan cupang adalah cupang betina belum siap untuk kawin.

Jika ikan cupang betina tidak siap untuk kawin, tentu tidak akan bisa menghasilkan benih atau anakan ikan cupang. Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri cupang betina yang siap kawin saat berencana mengawinkannya dengan cupang jantan.

Berikut ciri-ciri cupang betina yang siap kawin:

1. Mengeluarkan buih

Ciri-ciri ikan cupang betina siap kawin yang pertama adalah sesekali mengeluarkan buih seperti cupang jantan. Cupang betina menyemprotkan buih ketika mereka mendekati cupang jantan. Ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa cupang betina sudah siap untuk kawin dengan cupang jantan.

2. Telurnya penuh

Kita bisa melihat bahwa telur cupang betina berwarna putih kekuningan di bagian perutnya. Jika jumlahnya banyak atau penuh, maka cupang betina siap kawin.

Baca Juga :  7 Cara Mudah Membedakan Kelamin Ikan Cupang

3. Lebih aktif dari biasanya

Jika ikan cupang betina sudah siap untuk kawin, gerakannya tampak lebih aktif atau garang daripada atau menyerupai ikan cupang jantan.

4. Bintik-bintik di perut semakin besar

Jika bintik-bintik di perut bagian cupang betina membesar atau menonjol, ini juga merupakan tanda bahwa cupang betina sudah siap kawin. Bintik-bintik yang membesar pada bagian perut ikan cupang akan menjadi jalan keluarnya telur-telur ikan cupang.

5. Sering membuang telur

Buang telur ini karena telur ikan cupang sudah penuh di dalam perut. Jika menemukan ciri-ciri tersebut pada cupang betina, maka sebaiknya kita segera mengawinkannya untuk menghindari ‘pemborosan’ waktu, karena ini merupakan ciri cupang betina yang siap kawin.

6. Kesehatan ikan cupang

Ciri terakhir adalah cupang betina terlihat sehat. Karena kesehatan ikan cupang akan berpengaruh pada benih atau anakannya. Jika ikan cupang sehat, burayak cenderung sehat dan kuat. Ikan cupang yang sehat menunjukkan bahwa ia siap untuk kawin.

Itulah ciri-ciri ikan cupang betina siap kawin. Kita bisa menjadikan ciri-ciri sebagaimana dijelaskan di atas sebagai patokan atau acuan untuk mengetahui cupang betina milik kita sudah siap kawin atau belum.

Baca Juga :  Tahap-tahap Mengawinkan Ikan Cupang, Cek di Sini!

Jika sudah, segera pertemukan dengan ikan cupang laki-laki. Namun, jangan ditaruh di wadah yang sama terlebih dahulu ya. Cukup perlihatkan kedua ikan cupang tersebut agar saling mengenal terlebih dahulu. Setelah saling mengenal, baru kita bisa menyatukannya dalam satu wadah.

Kata Kunci:ikan cupang siap kawin