fbpx
Cara Mudah Ketahui Usia Kucing, Perhatikan Bagian Ini

Cara Mudah Ketahui Umur Kucing, Perhatikan Bagian Ini

Perhitungan umur kucing berbeda dengan manusia. Dalam hal perawatan medis, penting bagi pemilik untuk mengetahui umur kucing. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas hidup dan agar kucing panjang usia.

Pemeriksaan dokter hewan menyeluruh terhadap seluruh tubuh kucing biasanya membantu menentukan perkiraan umur kucing. Namun, dokter hewan sering melihat bagian tubuh kucing ketika mencoba memperkirakan umur kucing.

Berikut cara mengetahui umur kucing dengan mudah :

1. Lihat jumlah giginya

Sama seperti manusia yang mengalami gigi selama periode waktu tertentu, begitu juga kucing. Oleh karena itu, kita dapat menentukan perkiraan umur kucing dari giginya. Cara mengetahui umur kucing dari giginya adalah dengan menghitung jumlah gigi berdasarkan pertumbuhan gigi kucing.

  • Jika hanya ada gigi seri baik di atas dan bawah, umur kucing diperkirakan sekitar 2-3 minggu. Fakta ini menunjukkan bahwa jika kucing berusia kurang dari 2 bulan, wajar jika kucing masih belum terlihat memiliki gigi.
  • Jika gigi taring atas dan bawah sudah ada, maka kucing diperkirakan berumur 3-4 bulan.
  • Jika geraham terlihat, umur kucing di antara 4 hingga 6 bulan.
  • Pada umur 6 bulan hingga 1 tahun, gigi kucing secara bertahap akan tumbuh penuh. Jadi hanya membutuhkan waktu sekitar satu tahun bagi kucing untuk memiliki gigi dewasa yang lengkap. Gigi kucing berwarna putih untuk pertama kalinya tumbuh. Seiring waktu, itu akan mulai terlihat usang.
Baca Juga :  4 Tips Memelihara Anjing dan Kucing Bersamaan

2. Lihat ketebalan bulunya

Jika takut memeriksa gigi kucing, kita bisa mengetahui umur kucing dengan menyentuh bulunya. Ini adalah cara mengetahui umur kucing dari fisiknya.

  • Kucing muda cenderung memiliki bulu yang tebal. Namun kita juga perlu memahami bahwa ketebalan bulu juga dipengaruhi oleh suhu. Jika suhunya rendah (dingin), bulu kucing secara alami akan terlihat lebih tebal dari biasanya.
  • Sebaliknya, jika bulu kucing mulai menipis, atau bahkan rontok dalam beberapa kasus, dapat diprediksi bahwa umur kucing kita semakin tua.

3. Mata

Kucing yang sehat dan terawat memiliki mata yang jernih dan cerah. Namun, seiring bertambahnya umur kucing, mata mereka mungkin menjadi keruh, murah kena iritasi atau sering mengeluarkan cairan. Ini biasanya terjadi pada kucing berusia di atas 10 tahun.

4. Kematangan seksual

Kucing jantan mencapai kematangan seksual pada umur enam bulan. Kucing mulai menunjukkan tanda-tanda pubertas, seperti penyemprotan territorial testis urine yang lebih menonjol.

Kucing betina biasanya mengalami siklus estrus pada umur 5 hingga 9 bulan. Kucing betina akan memberi tahu kita melalui suaranya bahwa dia sedang birahi. Adapun usia reproduksi kucing betina berkisar antara 18 bulan hingga 8 tahun.

Baca Juga :  Awas Cacing Menyerang Kucing! Ini Tanda-tandanya