fbpx
Ini 6 Tips Memilih Daging Sapi Segar dan Sehat

Ini 6 Tips Memilih Daging Sapi Segar dan Sehat

Daging sapi segar tidak hanya enak dikonsumsi, tetapi juga baik untuk kesehatan dan dapat digunakan sebagai cadangan makanan dalam waktu yang lama.

Saat memilih daging sapi segar, penting untuk menggunakan fungsi indra kita. Simak tiga cara memilih daging sapi segar di bawah ini:

1. Perhatikan warna daging

Hal pertama yang bisa kita lakukan dengan mudah adalah memperhatikan penampilan awal daging. Daging sapi yang baru dipotong berwarna merah ceri. Warna tersebut berasal dari protein myoglobin

Saat daging terkena oksigen, warnanya biasanya berubah menjadi keungu-unguan. Meski sudah berubah warna, kualitasnya masih bagus kok.

2. Cium aroma daging

Salah satu cara termudah untuk memeriksa kesegaran daging adalah dengan menciumnya. Daging segar akan memancarkan aroma khas seperti besi yang tidak terlalu menyengat. Ketika daging mulai membusuk, ia akan mengeluarkan bau amis yang lebih menyengat. Saat disentuh, sulit untuk menghilangkan bau tengik daging busuk itu.

Baca Juga :  5 Trik Memotong Bawang Tanpa Bikin Mata Menangis

3. Tekan untuk mengecek tekstur

Sebelum membeli daging, tekan perlahan permukaannya untuk merasakan teksturnya. Sensasi dingin, lembut dan sedikit kesat saat disentuh adalah ciri khas daging sapi segar.

Sebaliknya, daging sapi yang sudah tidak segar akan memiliki tekstur yang licin, lengket dan berlendir.

4. Periksa tanggal produksi

Penting juga untuk memeriksa tanggal pada bungkus daging. Perhatikan tanggal pemotongan dan batasan konsumsi yang tertera pada label.

5. Pertimbangkan kembali lokasi penjualan daging

Tips terakhir adalah mempertimbangkan tempat membeli daging. Jika kita ragu untuk membelinya di pasar tradisional, kita harus pergi ke supermarket atau tempat pemotongan daging khusus untuk membelinya. Pastikan juga lokasi belanja yang kita kunjungi terlihat bersih dan rapi.

6. Pastikan dagingnya tidak berair

Selanjutnya, kita juga harus memastikan bahwa daging sapi terlihat segar dan tidak berair. Kita mungkin sering melihat cairan merah seperti darah di sekitar daging.

Cairan itu sebenarnya bukan darah, melainkan “sari” yang dikeluarkan oleh daging. Untuk itu, jika ingin membeli daging sebaiknya pilih yang tidak berair, karena jika daging mengeluarkan banyak air berarti daging sudah cukup lama berada di udara bebas.

Baca Juga :  4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing