fbpx
Ini 5 Cara Alami Turunkan Demam, Terbukti Ampuh!

Ini 5 Cara Alami Turunkan Demam, Terbukti Ampuh!

Di masa pandemi ini, demam menjadi momok yang ditakuti banyak orang. Sebab, demam merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh infeksi Covid-19.

Namun, demam tidak hanya disebabkan oleh Covid-19. Demam bisa juga disebabkan oleh flu biasa, b demam berdarah dan demam tifoid atau tipes.

Pada dasarnya, demam adalah respons dari sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi di dalam tubuh kita. Demam memang meresahkan, apalagi jika kita tidak memiliki obat anti demam.

Namun jangan khawatir, beberapa bahan dan cara alami ini dipercaya dapat menurunkan demam hingga kita mendapatkan obat anti demam yang paling cocok.

1. Perbanyak minum air putih

Menurut Dr. William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine, obat anti demam alami yang paling efektif adalah minum air putih. Perbanyaklah istirahat dan minum air hangat atau minum setelah olahraga.

Baca Juga :  8 Cara Alami dan Non Alami Menaikkan Trombosit

Selain air putih, kita juga bisa minum teh tawar hangat apa saja (bisa ditambahkan madu atau jahe untuk menghangatkan tubuh) dan jus segar. Minum kuah kaldu sayuran atau sup ayam juga sangat membantu dalam menurunkan demam.

Minumlah 1 hingga 2 cangkir teh herbal (atau cairan hangat lainnya) setiap beberapa jam sesuai kebutuhan. Uap dari makanan panas mengencerkan lendir yang menyumbat hidung dan memicu produksi keringat, yang keduanya dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

2. Mandi air hangat

Suhu tubuh tinggi terkadang bisa membuat kita merasa gerah dan tidak nyaman. Tapi jangan coba-coba menyiram tubuh kita dengan air dingin. Mirip seperti kompres dingin, trik ini dengan segera menyempitkan pembuluh darah, sehingga memperlambat aliran darah ke letak peradangan.

Di sisi lain, perbedaan suhu yang ekstrem ini justru menyebabkan suhu tubuh turun secara tiba-tiba sehingga menyebabkan tubuh mengigil. Mandi air hangat membantu menurunkan demam secara bertahap dan aman.

3. Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Jika kita merasa sangat panas karena demam atau suhu tinggi tetapi masih harus beraktivitas, coba kenakan bahan pakaian alami untuk mengurangi panas. Misalnya, kenakan pakaian yang terbuat dari katun dan linen. Pasalnya, bahan alami ini lebih mudah mengeluarkan panas dibandingkan kain sintetis seperti akrilik dan nilon.

Baca Juga :  Tanda-Tanda Pencernaan Sehat Yang Perlu Diketahui

4. Minum air kelapa

Air kelapa mengandung banyak vitamin, mineral dan elektrolit. Saat tubuh melemah akibat suhu tubuh yang meningkat, kandungan tersebut dapat membantu kita menjadi lebih segar dan berenergi.

Dibandingkan dengan air kelapa kemasan, air kelapa segar adalah pilihan yang baik untuk menurunkan demam secara alami. Jika kita membeli produk dalam kemasan, harap perhatikan baik-baik label bahannya, terutama kandungan gulanya.

5. Minum air jahe

Jahe merupakan bahan herbal yang terkenal dapat membantu menurunkan demam, flu dan sakit tenggorokan.

Caranya adalah dengan merebus air, tambahkan jahe dan air perasan lemon. Campur juga dengan madu. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk mendapatkan efek maksimal dalam menurunkan demam.