fbpx
Tips Membeli Motor Bekas untuk Kendaraan Sehari-hari

Tips Beli Motor Bekas untuk Kendaraan Sehari-hari

Butuh motor untuk aktivitas sehari-hari tapi kantong pas-pasan? Alternatifnya adalah beli motor bekas.

Namun ketahuilah, memilih sepeda motor bekas sendiri itu sulit, karena calon konsumen memiliki banyak pilihan untuk model, jenis dan warna motor.

Seperti yang dikatakan Darwin Danubrata, Songsi Motor diJagakarsa, Jakarta, saat beli motor bekas untuk aktivitas sehari-hari, yang terpenting adalah memperhatikan kondisi motornya.

Jika tujuan beli sepeda motor adalah untuk hobi atau koleksi, kita dapat memilih sepeda motor “bahan” kemudian memperbaikinya.

Jika tujuan beli motor bekas adalah untuk digunakan setiap hari, maka sepeda motor terbaik adalah yang memiliki kemampuan seperti dengan sepeda motor baru, dan tidak membutuhkan uang lebih.

Berikut beberapa tips beli motor bekas yang perlu kita ketahui:

1. Periksa kelengkapan surat motor

Calon pembeli harus mengecek dokumen  penting seperti BPKP dan STNK.

Baca Juga :  Benar Nggak Sih Mobil Bekas Modifikasi Sulit Dijual?

Pada langkah ini, kita dapat mengetahui identitas pemilik pertama secara jelas sehingga kita dapat memastikan bahwa motor bekas yang hendak dibeli bukan hasil curian.

2. Periksa nomor rangka dan nomor mesin

Pastikan calon pemilik memeriksa rangka dan mesin motor.

Karena jika terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian antara nomor rangka dengan nomor mesin dengan surat-surat yang ada, ini akan berdampak fatal. Mengingat, hal itu bisa saja menjadi indiikasi motor curian.

3. Periksa kondisi mesin

Calon pemilik harus memerhatikan bagian-bagian mesin, seperti rgasket dan baut pada mesin untuk mengetahui apakah ada perubahan atau tidak.

Karena kondisi gasket merupakan “pintu masuk” untuk mengetahui apakah motor pernah mengalami masalah mesin atau tidak. Sebab, komponen ini menghubungkan silinder dengan mesin tengah.

Jika gasket pernah diganti, maka bagian setang sampai seher berarti pernah diganti juga, alias sudah tidak lagi orisinil.

4. Periksa suara mesin

Biasanya orang yang berencana beli motor bekas akan mengecek suara mesin dengan menarik gas, padahal hal itu tidak perlu.

Baca Juga :  Inilah Daftar 20 Mobil Paling Laku di Indonesia

Biarkan mesin berjalan tanpa digas, dan periksa apakah motor bisa langsam (tetap menyala tanpa digas).

Hal ini untuk memastikan mesin masih motor dalam keadaan baik atau tidak.