fbpx
Ini Dia 5 Cara Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik

Ini Dia 5 Cara Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik

Asam lambung merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam proses pencernaan. Kita harus menjaga keseimbangan agar tidak naik dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Inilah mengapa penting untuk mengetahui cara mencegah asam lambung naik.

Asam lambung yang meningkat dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti makan tidak teratur, kelebihan berat badan dan minum alkohol.

Nyeri ulu hati, kesulitan menelan, sesak napas dan mulut pahit adalah beberapa gejala yang muncul saat asam lambung naik.

Selain itu, asam lambung naik dan terlalu parah dapat menyebabkan sensasi terbakar di kerongkongan. Untuk mengobatinya, beberapa obat alami bisa dikonsumsi.

Berikut beberapa cara mencegah asam lambung naik, mudah diterapkan dan efektif.

1. Makan dalam porsi kecil

Makan dalam porsi kecil dan sering adalah salah satu cara termudah untuk mencegah asam lambung naik. Bagi penderita GERD, lebih baik makan sedikit 5 kali sehari daripada makan banyak 3 kali sehari.

Baca Juga :  5 Bahan Alami Ini Ampuh Obati Asam Lambung

Saat makan dalam porsi besar, perut kita akan menanggung beban yang lebih besar, sehingga tekanan di perut akan meningkat. Akibatnya, makanan dan asam di lambung akan terdorong kembali ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa terbakar di ulu hati bahkan dada.

2. Jangan makan sebelum tidur

Bagi orang yang sering mengalami asam lambung naik, sangat disarankan untuk menghindari camilan atau makan sebelum tidur, karena kebiasaan tersebut akan memperparah gejala asam lambung.

Saat kita berbaring atau langsung tidur setelah makan, gravitasi akan menarik isi perut menuju kerongkongan. Oleh karena itu, tidurlah setelah isi lambung dikosongkan ke dalam usus halus, kira-kira 2-3 jam setelah makan.

3. Minum air putih

Agar asam lambung tidak naik, maka fungsi pencernaan harus lancar. Agar usus memproses makanan lebih cepat, pH yang seimbang dapat mendukungnya. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Selain membantu pencernaan, air putih juga dapat menghidrasi tubuh.

4. Hindari makanan pemicu asam lambung

Ada beberapa makanan yang bisa menaikkan asam lambung jika dikonsumsi. Beberapa makanan tersebut adalah coklat, kopi, soda, alkohol, daging, produk susu, makanan berlemak dan makanan asam. Makanan-makanan tersebut harus dihindari.

Baca Juga :  5 Bahan Alami Ini Ampuh Obati Asam Lambung

5. Jangan merokok

Nikotin dalam rokok melemaskan sfingter esofagus. Karena itu, risiko asam lambung juga meningkat. Jadi, berhentilah merokok mulai sekarang, ya!