fbpx
5 Trik Memotong Bawang Tanpa Bikin Mata Menangis

5 Trik Memotong Bawang Tanpa Bikin Mata Menangis

Memotong atau mengiris bawang merah, terutama bawang merah dan bawang bombai dapat membuat banyak orang ‘menangis’.

Menurut American Chemical Society, ini karena begitu bawang dipotong, ia menghasilkan iritasi kimia yang disebut Syn-Propanethial-S-oxide. Ketika mencapai mata kita, ia merangsang kelenjar air mata untuk melepaskan air mata.

Tapi sekarang, setiap kali memotong bawang, kita bisa menghindari terjadinya mata perih atau menangis. Bagaimana caranya?

Berikut adalah lima trik memotong bawang tanpa membuat mata pedih atau menangis.

1. Potong bawang di dalam air

Trik pertama yang bisa kita coba adalah dengan mengiris bawang di dalam air. Ini akan mencegah senyawa belerang mengenai mata kita. Kita juga harus berhati-hati saat memotong bawang agar pisau tidak terlepas dan melukai jari kita.

2. Membekukan bawang

Trik kedua adalah menyimpan bawang di freezer selama beberapa waktu sebelum dipotong. Mendinginkan bawang sebelum memotongnya dapat memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong, sehingga meminimalkan mata pedih.

Baca Juga :  Ternyata 7 Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

3. Jangan potong akarnya

Tidak memotong akar bawang dapat menetralkan senyawa belerang dalam bawang. Ujung akar bawang banyak mengandung senyawa belerang, sehingga memotong ujungnya akan menimbulkan rasa pedih.

4. Menggunakan pisau yang sangat tajam

Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam. Pisau yang tajam akan membantu mengurangi penyebaran senyawa belerang yang akan membuat kita menangis. Saat pisau tumpul, gesekan yang berlebihan akan menyebabkan keluarnya zat-zat yang dapat menyebabkan efek pedih pada mata.

5. Menyalakan kipas angin

Saat memotong bawang, cara terakhir yang dianggap efektif mencegah mata pedih adalah dengan menyalakan kipas angin. Udara yang berhembus melalui kipas dapat menghalau senyawa belerang ke mata.

Caranya, tinggal nyalakan kipas dan arahkan ke arah talenan. Dijamin, mata kita tidak akan terasa pedih dan iritasi.

Itulah lima trik memotong bawang tanpa membuat mata pedih. Terapkan trik di atas saat memotong bawang di dapur. Sekarang aman deh, kita tidak perlu khawatir lagi ‘dibikin’ menangis gara-gara si bawang.

Baca Juga :  7 Cara Efektif Mencegah Semut Kerubungi Makanan

Sebarkan informasi penting ini kepada keluarga dan teman agar mereka juga tahu bagaimana trik memotong bawang tanpa membikin mata menangis.