fbpx
Awas Cacing Menyerang Kucing! Ini Tanda-tandanya

Awas Cacing Menyerang Kucing! Ini Tanda-tandanya

Sama seperti manusia, hewan peliharaan seperti kucing juga bisa mengalami cacingan.

Faktanya, cacingan umum terjadi pada beberapa kucing dan relatif mudah diobati, sehingga sebagian besar kucing dapat sembuh total.

Jessica Nichols, Kepala Petugas Dokter Hewan Spay and Neuter Kansas City di Kansas City mengatakan bahwa ada beberapa jenis cacing usus yang dapat menginfeksi kucing.

Setiap cacing ini memiliki fungsi uniknya sendiri. Setidaknya, ada empat jenis cacing yang dapat menyerang kucing. Di antaranya sebagai berikut:

1. Cacing gelang

Nichols menjelaskan bahwa cacing gelangadalah cacing bulat dengan penampilan panjang seperti spageti berwarna cokelat.

Cacing gelang adalah parasit usus yang paling umum ditemukan pada anak kucing daripada kucing dewasa.

2. Cacing pita

Cacing pita adalah parasit panjang, putih, pipih dan tersegmentasi dengan bagian mulur seperti  kait yang digunakan untuk menempel pada dinding usus kucing.

Baca Juga :  Terungkap! Inilah 5 Penyebab Kucing Muntah Air

Segmen cacing pita dewasa akan rontok dan akhirnya masuk ke dalam kotoran kucing yang terinfeksi.

3. Cacing tambang

Nichols mengatakan bahwa cacing tambang kurang umum ditemukan pada kucing dibandingkan cacing gelang dan cacing pita karena cacing tambang adalah parasit yang sangat jahat.

Cacing tambang diketahui menempelkan giginya ke usus kecil dan menghisap darah kucing.

4. Cacing cambuk

Cacing ini dapat menginfeksi usus kucing, tetapi lebih sering terjadi di daerah tropis.

Anda mungkin bertanya-tanya tentang jenis cacing lain yang dapat menginfeksi kucing, seperti cacing hati. Namun, tidak seperti jenis cacing yang hidup di usus kucing di atas, cacing hati menginfeksi jantung dan paru-paru, sehingga menyebabkan penyakit yang disebut penyakit cacing jantung.

Ciri-ciri kucing cacing

1. Badan kurus, perut buncit

Kucing yang cacingan memiliki tubuh yang kurus dan perut yang buncit. Badan kurus dan perut kembung merupakan gejala fisik yang mudah terlihat saat kucing mengalami cacingan.

2. Sering haus, minum berlebihan

Jika kucing Anda tampak banyak minum air tetapi tidak mau makan, ini mungkin merupakan tanda cacingan. Perhatikan juga gejala lain yang muncul bersamaan.

Baca Juga :  Jangan Lakukan 7 Hal Ini pada Kucing Peliharaan!

3. Perubahan warna kotoran

Kotoran atau feses kucing berwarna putih merupakan tanda bahwa ia menderita cacingan. Jika hal ini terjadi, segera diskusikan dengan dokter hewan ya.

4. Muntah

Kucing yang mengalami muntah dan perut buncit adalah tanda ada cacing di saluran pencernaannya. Ini mencegah usus kucing berfungsi dengan baik.