fbpx
Ragam Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Minum air panas atau dingin dapat menjaga tubuh kita tetap sehat dan terhidrasi.

Beberapa orang mengklaim bahwa dibandingkan dengan minum air dingin, air hangat sangat membantu dalam meningkatkan pencernaan dan meningkatkan relaksasi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum air hangat memiliki banyak manfaat, terutama di pagi hari.

Sebuah studi merekomendasikan suhu optimal antara 54 – 71°C. Suhu yang lebih tinggi dari itu dapat menyebabkan luka bakar atau lecet.

Lantas, apa saja manfaat dari minum air hangat bagi kesehatan?

1. Meredakan hidung tersumbat

Minum air hangat bisa meredakan hidung tersumbat. Menghirup uap panas dari air hangat dapat membersihkan sinus yang tersumbat dan meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh sinus.

Selain mengurangi penyumbatan, air hangat juga dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu. Misalnya, pilek, sakit tenggorokan, batuk dan kelelahan. Air hangat dianggap lebih efektif daripada hanya minum air putih dengan suhu kamar.

Baca Juga :  Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Berakibat Penuaaan Dini

2. Mengobati sembelit

Salah satu penyebab sembelit adalah dehidrasi pada tubuh. Minum air hangat secara efektif dapat memecahkan masalah tersebut. Saat minum air hangat, usus kita akan berkontraksi.

Oleh karena itu, sisa makanan yang tertinggal di usus dapat dipindahkan dan kemudian dikeluarkan dari tubuh. Jika ingin buang air besar tetap lancar, cobalah sering-sering minum air hangat.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Seperti yang disebutkan di atas, minum air hangat juga dapat menyehatkan sistem pencernaan. Kontraksi usus dapat membuang limbah pencernaan yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh.

4. Menenangkan sistem saraf pusat

Minum air hangat juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat dan membantu merilekskan tubuh. Sistem saraf pusat yang tenang dan sehat dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi rasa panik.

5. Mengurangi menggigil akibat kedinginan

Sebuah studi menemukan bahwa meskipun respons alami tubuh terhadap kondisi dingin adalah menggigil, minum cairan hangat dapat membantu mengurangi hal itu.

Dalam penelitian itu subjek mengenakan pakaian yang mengalirkan air sedikit di atas titik beku, kemudian ia meminum air pada berbagai suhu, termasuk air dengan suhu 52°C.

Baca Juga :  7 Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

Para peneliti menemukan bahwa minum air hangat dengan cepat membantu subjek menjaga suhu tubuh mereka.