fbpx
3 Cara Alami Mengkilapkan Daun Aglonema, Mudah!

3 Cara Alami Mengkilapkan Daun Aglonema, Mudah!

Salah satu cara agar aglonema terlihat cantik dan menarik perhatian adalah dengan membuat daunnya mengkilap.

Namun diperlukan cara khusus agar daun aglonema menggkilap dan tidak boleh asal-asalan.

Jika kita terbiasa mengkilapkan daun dengan air sabun, jangan lakukan itu lagi, karena cairan kimia dari air sabun tidak dapat diuraikan oleh daun aglonema.

Berikut beberapa bahan aman yang bisa digunakan untuk mengkilapkan daun aglonema agar lebih cantik.

1. Kulit pisang

Jika kita sering mengonsumsi pisang, jangan buru-buru membuang kulitnya. Pasalnya, kulit pisang memiliki banyak manfaat bagi tanaman.

Menggunakan kulit pisang adalah cara alami untuk mencerahkan daun aglonema. Lap permukaan daun dengan bagian dalam kulit pisang yang lembut.

Minyak alami yang ada dalam kulit pisang akan mencerahkan daun dan mengeluarkan aroma harum di sekitar aglonema. Lakukan ini setiap minggu atau ketika tanaman tampak berdebu.

2. Air jeruk nipis

Jeruk nipis dapat membersihkan debu atau noda pada daun aglonema.

Baca Juga :  3 Langkah untuk Membuat Aglonema Tampak Mengkilap

Jeruk nipis mengandung vitamin B1, yang dapat digunakan sebagai agen pertumbuhan dan agen anti-stres, sehingga lebih bermanfaat untuk aglonema. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga dapat meningkatkan kesuburan aglonema karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium dan sebagainya.

Untuk mengkilapkan daun aglonema dengan jeruk nipis, kita perlu memeras satu buah jeruk nipis ke dalam wadah kosong.

Selanjutnya, tambahkan air seperempat gelas atau sekitar 100 ml air ke dalam wadah perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga larut secara merata.

Siapkan tisu atau kain lembut bersih dan masukkan ke dalam larutan jeruk nipis. Lap daun aglonema dengan tisu atau kain yang dicelupkan ke dalam larutan jeruk nipis itu.

Lap permukaan atas daun aglonema. Lakukan dengan perlahan dan lembut. Jangan lupa untuk menyeka bagian bawah daun aglonema juga ya!

Setelah menyeka semua daun aglonema, letakkan aglonema di tempat yang sejuk dan terlindungi dari hujan. Lap daun aglonema dengan larutan jeruk nipis minimal sebulan sekali.

Baca Juga :  Cara Merawat Philodendron Birkin Agar Tumbuh Baik

3. Gunakan mayonaise

Bahan makanan ini juga bisa digunakan untuk menjadikan daun kusam tampak berkilau lho. Kita bisa mengaplikasikannya langsung pada daun aglonema di rumah, lalu bersihkan dengan kain lembab.

Atau jika takut berantakan, bisa ditambahkan sedikit air terlebih dahulu hingga mayonaise berbentuk cairan. Kemudian bersihkan daun dengan kain bersih.

Selain membuat daun tampak mengkilat, mayonaise juga dapat mencegah debu menempel pada daun. Ini dapat membuat penampilan tanaman lebih bersih dan berkilau lebih lama.