fbpx
Ini Cara Agar Kucing Baru Akur dengan Kucing Lama

Ini Cara Agar Kucing Baru Akur dengan Kucing Lama

Saat berencana menambah kucing baru ke rumah kita, penting untuk mempertimbangkan keberadaan kucing peliharaan yang sudah ada sejak lama.

Karena, bisa jadi kucing peliharaan yang lama tidak senang dengan kehadiran kucing baru tersebut sehingga menimbulkan pertengkaran.

Jadi, kita perlu mencari cara agar kucing baru dan kucing lama bisa akur atau rukun.

Berikut cara mengenalkan kucing baru ke kucing lama agar bisa rukun.

1. Pisahkan dulu kucing baru dan kucing lama

Kucing adalah hewan sosial, tetapi mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Pisahkan kucing baru dari kucing lama di tempat yang berbeda.

Cara ini memberikan kesempatan kucing baru menyesuaikan dengan tempat barunya. Dengan tanpa diganggu oleh kucing lama, dia pasti akan lebih memahami tempat barunya. Langkah ini juga digunakan kucing baru untuk mencari tempat yang nyaman untuk melindungi dirinya.

Baca Juga :  Terungkap! Inilah 5 Penyebab Kucing Muntah Air

Pada saat ini, perkenalkan mereka pada bau masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan menukar handuk yang mereka gunakan. Ini berguna untuk menjadikan mereka terbiasa dengan bau satu sama lain. Kita dapat mengisolasi kucing lama dan baru selama 3-5 hari dan kemudian mempertemukannya.

2. Dekatkan saat makan

Waktu makan adalah saat yang tepat untuk mendekatkan kucing baru dengan kucing lama. Pada awalnya, jumlah makanan yang sama diberikan di tempat yang berbeda di antara keduanya. Kemudian lama-lama membawa dekatkan tempat makanan keduanya untuk saling mengenal.

3. Membiasakan saling menyapa

Ketika membiarkan kedua kucing saling menyapa, akan ada rasa perkenalan antara yang lama dan yang baru. Biasanya, kucing sangat tertarik dengan suara kucing lain. Karena itu, jika kucing lama kita mulai mencari suara kucing baru, silakan lepaskan. Awalnya, mungkin dia hanya mengamati diam-diam, tetapi seiring waktu, dia juga akan mengeong sebagai tanda sapaan.

4. Ketika mulai mengenal satu sama lain, kita perlu mengawasinya

Sebagai pecinta kucing, kita tentu tidak ingin kucing baru diancam atau disakiti oleh kucing lama, begitu juga sebaliknya. Meski mereka saling mengenal, tidak menutup kemungkinan kucing baru dan kucing lama bertarung.

Baca Juga :  Cara Melatih Anak Kucing Pup di Dalam Kotak Pasir

Pada tahap ini, kita perlu mengawasi keduanya agar mereka betul-betul saling mengenal, dan minimalkan keributan di antara mereka. Ketika keduanya hampir marah, pisahkan sesegera mungkin.