fbpx
Alami Anosmia, 6 Cara Ini Bisa Tingkatkan Nafsu Makan

Alami Anosmia, 6 Cara Ini Bisa Tingkatkan Nafsu Makan

Anosmia adalah hilangnya fungsi indera penciuman. Penyebabnya bermacam-macam, seperti gangguan penciuman karena sinusitis, tumor, infeksi atau cedera kepala.

Baru-baru ini, pasien Covid-19 pada umumnya mengalami anosmia, diikuti dengan dysgeusia atau hilangnya fungsi indera pengecap. Akibat dari anosmia dan dysgeusia adalah penurunan nafsu makan karena tidak dapat mencium atau merasakannya, kemudian berat badan turun.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk membantu meningkatkan nafsu makan bagi pasien Covid-19 yang mengalami anosmia. Menjaga pola makan diperlukan untuk memastikan kebutuhan nutrisi pasien Covid-19 terpenuhi.

Berikut ini cara meningkatkan nafsu makan bagi pasien Covid-19 yang menderita anosmia:

  1. Menggabungkan berbagai bentuk dan tekstur ke dalam hidangan atau makanan. Contoh kita bisa menggunakan kacang cincang, biji-bijian, keju parut, kacang panggang, atau sayuran mentah cincang
  2. Masukkan makanan pedas dan manfaat capsaicin sebagai anti-inflamasi untuk sensasi yang berbeda
  3. Mengonsumsi makanan dingin atau hangat daripada makanan pada suhu kamar, karena ini membantu memaksimalkan pendeteksian rasa dan memperkenalkan lebih banyak variasi dalam hidangan dan makanan
  4. Tambahkan bumbu, rempah-rempah atau saus pedas untuk mengetahui apakah indera pengecap dapat mendeteksinya
  5. Kombinasikan sebanyak mungkin warna untuk mempertahankan daya tarik visual
  6. Makan makanan yang berhubungan dengan memori positif
Baca Juga :  Ramalan Bill Gates Untuk 2021, Akan Jadi Tahun Berat

Ahli gizi ternama, Christina Badaracco mengatakan bahwa pasien COVID-19 dengan gangguan penciuman mungkin juga memerlukan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka selama perawatan dan pemulihan.

Namun, untuk konsumsi suplemen ini, setiap pasien Covid-19 sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan keamanannya.

Untuk pasien Covid-19 dengan gejala sulit menelan, mungkin hanya ingin makan makanan cair.

Memang, terdapat beberapa makanan cair diformulasikan secara khusus dan mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral untuk menggantikan makanan utama.

Namun, sebelum mengonsumsi makanan cair ini, pasien Covid-19 juga disarankan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

Itulah enam cara meningkatkan nafsu makan bagi pasien Covid-19 yang mengalami anosmia atau gangguan penciuman. Terapkan keenam cara di atas agar tubuh terus mendapatkan gizi sesuai kebutuhan dan berenergi. Sehingga, diharapkan juga pasien segera sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh virus corona itu.