fbpx
Ciri-ciri Ikan Cupang Sudah Tua, Perhatikan Hal Ini!

Ciri-ciri Ikan Cupang Sudah Tua, Perhatikan Hal Ini!

Sama seperti manusia, ikan cupang akan menua seiring berjalannya waktu. Ikan cupang biasanya dapat hidup selama dua sampai lima tahun, tergantung bagaimana perawatannya.

Ikan cupang yang dirawat dan diberi makan sesuai nutrisi akan berumur panjang. Di sisi lain, ikan cupang yang tidak dirawat dengan baik berisiko tinggi mati sebelum usia maksimalnya.

Selain itu, saat memasuki fase penuaan, ikan cupang akan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Dalam tiga hingga delapan bulan, cupang secara bertahap akan menunjukkan tanda-tanda penuaan saat memasuki fase tua.

Namun, jika tanda ini muncul dalam beberapa hari, kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit yang diakibatkan oleh kualitas air yang buruk. Nah, inilah beberapa tanda ikan cupang sudah tua:

1. Warna memudar

Sama seperti warna rambut kita yang memudar seiring bertambahnya usia, begitu pula sisik ikan. Seiring berjalannya waktu, sisik biru cupang perlahan akan berubah menjadi coklat atau abu-abu, dan hanya menyisakan sedikit warna sebelumnya.

Baca Juga :  7 Cara Mudah Membedakan Kelamin Ikan Cupang

2. Berhenti membuat sarang gelembung

Beberapa cupang yang sehat membuat sarang gelembung setiap beberapa minggu, berharap betina datang dan kawin dengan mereka. Beberapa ikan aduan lainnya hanya membuat beberapa sarang gelembung dalam setahun. Ikan aduan lainnya mungkin tidak pernah membuat sarang gelembung, tetapi mereka tetap sehat dan lincah.

Ikan cupang adalah ikan individual, mereka berperilaku berbeda, tetapi begitu mereka masuk usia setengah baya, dorongan kawin mereka akan menurun. Oleh karena itu, jika ikan jarang membuat sarang gelembung, ini menunjukkan bahwa cupang tua tidak lagi tertarik untuk kawin.

3. Sering tidur

Ya, mereka banyak tidur. Seberapa sering tidur ikan aduan tergantung pada usia mereka. Tetapi seiring bertambahnya usia, mereka tidur lebih sering. Tentu saja, tidur ikan berbeda dari kita.

4. Sirip melengkung

Ikan aduan kitaawalnya memiliki sirip yang indah dan sempurna, tetapi sekarang ujungnya terlihat compang-camping dan melengkung?

Sama seperti rambut yang kehilangan keindahannya seiring bertambahnya usia, sirip ikan aduan tua akan aus atau melengkung seiring waktu.

Baca Juga :  Tahap-tahap Mengawinkan Ikan Cupang, Cek di Sini!

Jika bukan karena penyakit atau usia tua, mungkin karena pH Air yang lebih keras cenderung membuat ujung sirip.

5. Bintik-bintik putih muncul dan menghilang

Beberapa pecinta cupang mengatakan ini adalah gejala usia tua. Kita mungkin mengira itu adalah ich atau white spot, tetapi ich terlihat seperti ikan yang ditaburi garam. Bintik putih tunggal yang misterius akan muncul di wajah cupang, dan akan hilang dengan sendirinya setelah seminggu.

Seiring bertambahnya usia cupang, bintik-bintik putih ini akan terus muncul dan menghilang lebih sering di berbagai bagian kepalanya. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, kita dapat memeriksa parameter air untuk memastikannya.

6. Sulit untuk menangkap makanan

Penglihatan cupang akan berkurang seiring bertambahnya usia. Ini menyulitkan mereka untuk menangkap makanan yang kita taburkan di permukaan aquariumnya.