fbpx
Calling dan Ringing di WhatsApp, Apa Sih Bedanya

Calling dan Ringing di WhatsApp, Apa Sih Bedanya?

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan bagi penggunannya kemudahan untuk mengirim dan menerima pesan, baik dalam bentuk pesan teks, suara, video dan gambar.

WhatsApp menyediakan banyak fitur yang dapat menunjang aktivitas perpesanan penggunanya.  Salah satu fitur yang sangat populer adalah panggilan WhatsApp. Dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan panggilan suara dengan pengguna lainnya secara gratis.

Ya, panggilan WhatsApp tidak berbayar alias cuma-cuma. Pengguna hanya perlu memastikan bahwa ponselnya terhubung dengan internet yang stabil.

Nah, pengguna dapat membedakan nada dering panggilan masuk antara panggilan reguler dan telepon WhatsApp, agar tidak membingungkan.

Sementara itu, untuk pihak yang menelepon, layar yang ditampilkan akan menampilkan status panggilan, yaitu calling dan ringing. Keduanya mirip tapi tidak sama, namun banyak pengguna yang tidak mengetahui perbedaan keduanya.

Perbedaan status calling dan ringing di WhatsApp terkait dengan ketersediaan atau koneksi jaringan internet penerima telepon. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Perbedaan calling dan ringing di WhatsApp

Perbedaan calling dan ringing dalam panggilan WhatsApp ada pada kondisi jaringan internet pengguna yang dituju.

Keterangan Calling berarti pengguna yang dipanggil atau ditelepon berada di luar jaringan, dengan kata lain tidak terhubung dengan koneksi internet, baik itu WiFi maupun kuota.

Panggilan tetap bisa dilakukan dan nada dering tetap tersambung, tetapi penerima panggilan tidak dapat menjawab panggilan secara jaringan internet.

Saat ponsel penerima panggilan terhubung dengan internet, WhatsApp akan meninggalkan ‘bekas’ berupa notitifkasi dan panggilan tak terjawab di menu panggilan.

Adapun ringing (berdering) berarti pengguna yang dipanggil terhubung dengan koneksi internet.

Pengguna yang dipanggil akan menerima notifikasi berupa nada dering atau ponsel yang bergetar. Panggilan juga akan muncul di tampilan layar.

Jika muncul panggilan berakhir, penerima mungkin tidak dapat menjawab panggilan tersebut. Panggilan yang dijawab memiliki tanda berupa detik durasi telepon yang berjalan.

Itulah perbedaan calling dan ringing di WhatsApp. Sekarang kita sudah tahu nih perbedaan calling dan ringing di WhatsApp. Jadi, jangan bingung lagi ya!

Baca Juga :  Cara Melacak Nomor HP Tak Dikenal, Pakai 4 Aplikasi Ini