fbpx
5 Bahan Alami Ini Ampuh Obati Asam Lambung

5 Bahan Alami Ini Ampuh Obati Asam Lambung

Asam lambung yang tidak terkontrol dapat menyebabkan banyak masalah. Mulai dari bau mulut, perut sakit dan mulas dan lain-lain. Untuk menyikapi masalah ini, kita harus mempraktikkan beberapa cara untuk mengatasi asam lambung di bawah ini.

Ada banyak faktor yang menyebabkan asam lambung naik. Mulai dari jeda antara jadwal makan berat yang terlalu lama, terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau kafein dan lainnya. Jika kita terus mengabaikan asam lambung yang tinggi, kesehatan sistem pencernaan kita bisa terganggu.

Selain mengonsumsi obat-obatan, kita juga bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi asam lambung. Namun, sebelum menggunakan bahan-bahan ini secara rutin, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

1. Kayu manis

Kayu manis dapat digunakan sebagai penetral asam lambung alami dengan cara meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 menemukan bahwa kandungan dalam kayu manis dapat mengurangi sekresi asam lambung dan pepsin pada dinding lambung.

Baca Juga :  6 Bumbu Dapur Pengusir Tikus yang Patut Dicoba

Mengonsumsi kayu manis juga bisa menurunkan suhu perut. Perlu diingat, takaran kayu manis yang dianjurkan hanya 1 gram per hari, karena asupan kayu manis yang berlebihan justru bisa meracuni tubuh.

2. Jahe

Sejak lama jahe digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Termasuk asam lambung yang naik. Kandungan anti inflamasi dan senyawa fenolat pada jahe dapat meredakan iritasi saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. Dengan begitu, jahe dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Daun kemangi

Menggunakan daun kemangi untuk mengobati asam lambung sangat membantu karena memiliki efek menenangkan. Yang perlu dilakukan adalah makan beberapa lembar daun kemangi atau merebus 3-4 lembar daun kemangi dengan secangkir air sampai mendidih.

4. Cengkih

Sejak dulu cengkih telah memainkan peran penting dalam pengobatan penyakit sistem pencernaan dalam pengobatan Cina dan Ayurveda. Cengkih bersifat karmanatif, sehingga dapat mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan.

5. Pisang

Pisang juga bisa lho digunakan untuk mengatasi asam lambung naik. Cobalah makan pisang setiap hari, agar asam lambung naik tidak sering kita alami. Serat yang terkandung dalam pisang juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan dapat menghindari sembelit.

Baca Juga :  6 Obat Alami Darah Tinggi yang Bisa Anda Coba
Kata Kunci:cara alami obati asam lambung language:id