fbpx
Cara Menangani Kucing Betina Birahi, Lakukan 4 Hal Ini

Cara Menangani Kucing Betina Birahi, Lakukan 4 Hal Ini

Pada usia 6-10 bulan, kucing betina akan mengalami masa estrus atau birahi. Ini adalah fase kawin kucing betina dan akan berlangsung empat hingga lima hari.

Jika kucing betina tidak kawin selama periode estrus ini, dia akan mengalami siklus yang sama lagi dalam dua hingga tiga minggu ke depan.

Tanda-tanda kucing betina sedang birahi dapat diketahui dengan gampang, antara lain mengeong lebih keras untuk menarik perhatian kucing jantan, mencari perhatian, selalu ingin keluar rumah, sering menjilati bagian genital dan perubahan posisi saat duduk atau berdiri.

Bagi beberapa pecinta kucing, fase birahi ini menjadi masalah. Selain berisik, banyak pemilik kucing yang enggan mengawinkan dengan kucing betina karena belum siap untuk memelihara anak kucing.

Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi kucing betina yang sedang birahi, di antaranya sebagai berikut:

1. Pisahkan dari kucing jantan

Bagi kita yang memelihara kucing betina dan kucing jantan di rumah, jika kucing betina sedang birahi, harap segera pisahkan dengan kucing jantan.

Pastikan untuk memisahkan kucing betina di ruangan yang sulit baginya untuk melarikan diri atau dikunjungi oleh kucing jantan. Bisa juga ditaruh di kandang, tapi pastikan tidak mengganggu ruang geraknya.

Selama proses pemisahan ini, pastikan kita terus memberikan makanan kucing berkualitas tinggi dalam jumlah yang sama seperti biasanya.

2. Tutup pintu dan jendela

Setelah memastikan kucing betina aman dan terpenuhi kebetuhannya, hal selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah selalu mengamankan pintu dan jendela.

Hal ini untuk menghindari risiko kucing betina kabur atau didatangi kucing jantan di luar rumah.

Jika memungkinkan, kita dapat menutup pintu dan jendela untuk mencegah kucing betina melihat keluar dan membuatnya gugup.

3. Ajak kucing untuk bermain

Seperti yang telah kita ketahui, kucing birahi sangat ingin mencari pasangannya. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengalihkan keinginannya dengan mengajaknya bermain bersama.

Baca Juga :  Cara Mudah Ketahui Umur Kucing, Perhatikan Bagian Ini

Beli beberapa mainan kucing dan gunakan mainan favoritnya. Mainan favorit dapat mengalihkan perhatiannya dengan mudah.

Jadi, ketika kucing mulai menunjukkan tanda-tanda hasrat birahi, jangan biarkan kucing itu duduk sendirian. Ajak bermain bersama, buat kucing sibuk meluakan keinginannya untuk mencari lawan jenisnya.

4. Mainkan musik yang menenangkan

Tidak hanya manusia yang menyukai musik, beberapa hewan juga dapat menikmati musik, termasuk kucing peliharaan.

Memutar musik yang menenangkan di rumah saat kucing betina sedang birahi, seperti musik klasik, jazz, dll, dapat memberikan suasana yang menenangkan.

Meskipun ini tidak selalu berhasil, tetapi suara musik dapat mengalihkan perhatian mereka dari suara kucing birahi lainnya di luar rumah.