fbpx
6 Makanan dan Minuman untuk Menjaga Kesehatan Hati

6 Makanan dan Minuman untuk Menjaga Kesehatan Hati

Hati bertanggung jawab melakukan berbagai fungsi penting dalam tubuh, yaitu produksi protein, kolesterol dan empedu. Selain itu, hati menyimpan vitamin, mineral dan karbohidrat di dalam tubuh.

Hati juga memecahkan berbagai zat beracun yang dihasilkan selama metabolisme, seperti alkohol dan obat-obatan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan hati.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk hati.

Berikut beberapa makanan yang bermanfaat untuk kesehatan hati:

1. Buah beri

Buah beri seperti blueberry, raspberry dan cranberry mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Kandungan ini dapat melindungi hati dari kerusakan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah beri secara teratur juga dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Anggur

Sebuah studi melaporkan bahwa anggur kaya akan antioksidan, yang dapat membantu hati mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan hati.

Makan anggur utuh adalah cara mudah untuk menambahkan senyawa itu ke dalam pola makan kita. Kemudian, suplemen ekstrak biji anggur juga bisa memberikan antioksidan.

Baca Juga :  Katanya Madu Nggak Bisa Basi, Benar Nggak Sih?

3. Kacang-kacangan

Sebuah studi menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan adalah cara sederhana lain untuk menjaga kesehatan hati dan mencegah penyakit hati lemak non-alkohol.

Kacang-kacangan umumnya mengandung asam lemak tak jenuh, vitamin E dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu mencegah penyakit hati lemak non-alkohol dan stres oksidatif.

Makan segenggam kacang-kacangan setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan hati. Namun, jangan makan terlalu banyak, karena kacang tinggi kalori!

4. Jus buah bit

Buah bit itu sehat, terutama saat dibuat jus. Semakin banyak kitamengonsumsinya, maka semakin baik. Buah bit mengandung antioksidan nitrat dan betalain, yang dapat digunakan untuk mencegah stres oksidatif dan peradangan.

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus buah bit dapat mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan di hati. Selain itu, produksi enzim detoksifikasi meningkat untuk menetralisir racun pada tubuh.

Meski hanya diuji pada tikus, ada hipotesis yang juga berlaku pada manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasinya. Tidak ada salahnya menambahkan jus buah it ke dalam menu harian kita sesekali.

Baca Juga :  Ini Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

5. Teh

T eh selalu masuk dalam daftar makanan dan minuman sehat. Tidak heran teh baik untuk hati. Dalam sebuah penelitian besar di Jepang, peneliti menemukan bahwa minum 5-10 cangkir teh hijau sehari dapat meningkatkan aliran darah di liver.

Studi lain juga menunjukkan bahwa setelah minum teh hijau selama 12 minggu, penderita lemak hati non-alkohol mengalami peningkatan produksi enzim dan penurunan stres oksidatif.

6. Kopi

Kopi merupakan minuman yang baik untuk kesehatan hati. Kandungan kopi meningkatkan produksi antioksidan glutathione dalam tubuh. Antioksidan ini sangat baik dalam menetralisir radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel. Selain itu, minum kopi dapat mengurangi risiko sirosis hati.