fbpx
Bye Windows 10, Ini Bocoran Wajah Baru Windows 11

Bye Windows 10, Ini Bocoran Wajah Baru Windows 11

Versi terbaru dari sistem operasi Windows adalah Windows 10 yang telah dirilis sejak pertengahan tahun 2015 lalu.

Windows 10 adalah sistem operasi desktop paling populer dengan pangsa pasar lebih dari 66%.

Windows 10 Home dan Pro dikabarkan akan dihentikan pada tahun 2025, tepatnya pada tanggal 14 Oktober 2025.

Namun, jadwal tersebut bisa saja berubah.

Microsoft bisa saja memperluas dukungan untuk Windows 10, seperti halnya dengan Windows 7.

tanggal pensiun Windows 10 sebenarnya telah ditetapkan sejak rilis pertama pada 29 Juli 2015,

Dikatakan oleh Microsoft bahwa dukungan untuk Windows 10 berakhir pada 14 Oktober 2020.

Dengan kata lain, setelah tanggal tersebut, Windows 10 Home Home dan Pro tidak akan lagi menerima pembaruan untuk peningkatan keamanan atau kualitas.

Ada kabar baru-baru ini bahwa Microsoft sedang bersiap untuk merilis sistem operasi generasi berikutnya untuk PC pada 24 Juni, yakni Windows 11. Berikut bocoran wajah baru Windows 11

Bocoran wajah baru Microsoft 11

Microsoft akan memamerkan Windows 11 pada 24 Juni mendatang. Seminggu sebelum pengumuman, antarmuka baru sistem operasi ini bocor di Internet.

Wajah baru Windows 11 pertama kali menyebar melalui dua tangkapan layar yang diunggah di forum Baidu. Segera setelah itu, reporter The Verge Tom Warren berhasil menemukan lebih banyak informasi tentang Windows 11.

Dari dari video dan tangkapan layar yang ditemukan oleh Warren, antarmuka dan menu Start Windows 11 terlihat mirip dengan yang digunakan di Windows 10X. Microsoft memang mengembangkan sistem operasi  itu untuk perangkat dua layar, tetapi kemudian dibatalkan untuk fokus pada Windows 11.

Salah satu perubahan terbesar yang dapat dilihat di Windows 11 adalah susunan taskbar-nya , di mana tombol Start dan ikon aplikasi ditempatkan di tengahtaskbar. Namun posisi tombol Start dan ikon ini bisa digeser ke sisi kiri layar.

Menu Start di Windows 11 juga telah dirombak menjadi lebih sederhana daripada di Windows 10. Live tiles kini dihilangkan.

Baca Juga :  Cara Cepat Uninstall Aplikasi di Windows 10, 8 dan 7

Microsoft pun mendatangkan jendela aplikasi dengan sudut membulat di Windows generasi terbarunya itu. Tampilan baru ini dapat dilihat pada menu konteks, aplikasi, File Explore dan menu Start.

Ada juga ikon baru yang dilabelisebagai Widget di taskbar Windows 11. Ada desas-desus bahwa Microsoft akan membawa Widgets kembali ke Windows, dan di versi awal Windows 11 ini, beberapa di antaranya sudah muncul.

Microsoft juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan ukuran aplikasi dan mengatur posisinya di layar melalui kontrol pada tombol maximize di sudut kanan atas. Windows 11 juga akan menghadirkan musik startup baru, yang akan diputar saat perangkat dihidupkan.