fbpx
Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Otak adalah organ tubuh yang sangat penting dan berperan sebagai pusat kendali tubuh agar berfungsi dengan semestinya.

Otak bertanggung jawab untuk menjaga detak jantung, menjaga pernapasan dan membiarkan tubuh merasakan sesuatu dan bergerak.

Oleh karena itu, menjaga fungsi otak sangat penting, sehingga dapat menjaga kesehatan dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Makanan yang kita konsumsi berperan dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan tugas mental seperti memori dan konsentrasi.

Berikut adalah 5 makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, trout dan sarden, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak, dan setengahnya adalah omega-3.

Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel-sel otak dan saraf, yang penting untuk pembelajaran dan memori. Jenis lemak ini juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi otak, yakni memperlambat penurunan mental terkait usia dan membantu melawan penyakit Alzheimer. Di sisi lain, kekurangan omega-3 sering dikaitkan dengan gangguan belajar dan depresi.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Inilah sebabnya mengapa ikan berlemak adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk kesehatan otak.

2. Blueberry

Fakta membuktikan bahwa buah kecil ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk untuk otak. Antioksidan yang ditemukan dalam blueberry dan buah beri hitam lainnya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan membantu melawan stres oksidatif dan peradangan, dua faktor yang dapat menyebabkan penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.

Penelitian pada hewan percobaan juga menunjukkan bahwa blueberry membantu meningkatkan daya ingat, sehingga memperlambat terjadinya kehilangan ingatan jangka pendek.

3. Brokoli

Sayuran berwarna hijau tua ini mengandung banyak nutrisi dan mineral, termasuk antioksidan. Brokoli juga kaya akan vitamin K, yang membantu menjaga daya ingat otak.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung banyak bubuk kakao, yang membantu meningkatkan daya ingat. Kafein dan antioksidan dalam cokelat hitam membantu proses belajar dan mempertahankan memori. Makanan ini juga bisa menjadi mood booster dan memberikan energi.

5. Biji labu

Biji labu mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dan otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga :  Daftar Makanan yang Ampuh Mengurangi Peradangan

Biji labu juga merupakan sumber magnesium, zat besi, seng dan tembaga yang semuanya penting untuk kesehatan otak.