fbpx
Ini Usia yang Ideal untuk Menikah Menurut Sains

Ini Usia yang Ideal untuk Menikah Menurut Sains

Tidak ada ukuran pasti kapan waktu yang tepat untuk menikah. Setiap orang pasti memiliki perhitungan sendiri-sendiri sebelum menentukan waktu pernikahan. Termasuk perihal usia untuk menikah.

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang ingin menikah dan memiliki anak di usia muda dengan berbagai alasan. Selain itu, banyak orang juga mengingatkan risiko menikah di usia muda, salah satunya adalah rentan perceraian.

Mengenai usia menikah, beberapa penelitian yang berfokus pada masalah pernikahan memberikan jawaban atas hal tersebut. Nah, kali ini kami akan membagikan jawaban dari pertanyaan ‘kapan usia yang ideal untuk menikah menurut science?’ Simak dengan saksama ya!

Usia yang ideal untuk menikah menurut science

Menurut anda, kira-kira berapa usia yang ideal untuk menikah? Apakah di usia 20-an tahun? 25-an tahun? Atau bahkan lebih dari itu?

Baru-baru ini, The Institute of Family Studies melakukan penelitian di Amerika. Penelitian ini berfokus pada hubungan antara usia seseorang saat menikah dengan ketidakmampuan mempertahankan keluarga.

Menurut penelitian ini, mereka yang menikah di bawah usia 20 tahun memiliki peluang 32 persen untuk bercerai dalam 5 tahun pertama usia pernikahan. Sementara itu, mereka yang menikah di usia 20-24 tahun memiliki peluang perceraian 20 persen, mereka yang menikah di usia 25-29 tahun memiliki peluang perceraian 15 persen, dan mereka yang menikah antara usia 30-35 tahun memiliki peluang bercerai 14 persen.

Baca Juga :  Cek Ketersediaan Tanggal Nikah Bisa di Sini!

Yang mencengangkan adalah, orang yang menikah setelah usia 35 tahun memiliki peluang 19 persen untuk bercerai. Jika presentase peluang perceraian orang menikah di usia 20 hingga 34 tahun menurun, maka setelah usia 35 tahun, angka perceraian justru meningkat sebesar 5 persen.

Tapi ini hanya penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Kebahagiaan keluarga kita hanya diketahui oleh kita  dan pasangan. Hanya kita yang bisa menjaganya sampai kapan pun itu. Semoga hubungan kita dengan pasangan selalu harmonis.

Ya, di atas hanyalah penelitian usia ideal untuk menikah. Semestinya, penelitian mengenai waktu menikah yang ideal tidak hanya berpatokan pada usia, melainkan juga kesiapan ekonomi, mental dan lainnya.  Jadi, terasa kurang lengkap penelitian mengenai waktu ideal menikah jika hanya berpatokan pada usia.