fbpx
Pakai 6 Bahan Dapur Ini, Semut di Rumah Pasti Hilang

Pakai 6 Bahan Dapur Ini, Semut di Rumah Pasti Hilang

Semut adalah serangga yang sering mengganggu aktivitas di dapur dan meja makan. Semut dapat menggerogoti permen yang ada secara bergerombol.

Bahkan meski permennya disembunyikan, semut memiliki kemampuan untuk menemukan keberadaan makanan tersebut. Ada beberapa trik mengusir semut secara efektif tanpa memerlukan bahan kimia, di antaranya sebagai berikut.

1. Garam

Taburkan garam dengan ketebalan 3 sampai 5 cm di sepanjang garis rumah semut. Kita juga bisa menaburkan semua tepi teras rumah. Gunakan bumbu dapur ini untuk menjebak semut agar tidak masuk ke rumah kita atau keluar dari sarangnya.

2. Jeruk

Jeruk juga dapat mencegah semut masuk ke rumah kita. Campurkan dengan air hangat dan sedikit kulit jeruk, kemudian oleskan pada pintu masuk semut, lalu bersihkan setelahnya.

Kita juga bisa meletakkan kulit jeruk di dapur atau di mana pun yang menurut kita terdapat banyak semut.

3. Merica

Semut menyukai gula, tetapi mereka membenci merica. Taburkan merica di tempat semut masuk ke rumah kita.

Baca Juga :  7 Cara Efektif Mencegah Semut Kerubungi Makanan

Selain itu, semut juga membenci cabai atau lada hitam. Kita juga bisa membuat larutan merica dan air dan menyemprotkannya di dekat area masuk ke dalam rumah.

4. Cuka putih

Semut tidak tahan dengan bau cuka putih. Siapkan larutan air yang dicampurkan cuka putih dalam jumlah yang sama.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial dan aduk rata. Simpan larutan ini dan taburkan di area masuk semut. Ulangi sekali dalam sehari.

5. Kayu manis

Selanjutnya, cara mengusir semut adalah dengan meletakkan kayu manis dan cengkeh di pintu masuk rumah dan di area yang menurut kita bisa dimasuki semut.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menjaga rumah kita tetap segar dan harum. Kayu manis dianggap sebagai pengusir alami karena semut tidak dapat mentolerir bau yang menyengat.

Untuk mendapatkan efek yang lebih efektif, kita bisa menambahkan sedikit minyak esensial pada bubuk kayu manis untuk mendapatkan aroma yang lebih kuat untuk mengusir semut.

6. Peppermint

Peppermint adalah bahan alami berikutnya yang dapat membantu kita mengusir semut. Semut tidak menyukai bau peppermint dan cenderung menghindari area di sekitar keberadaannya.

Baca Juga :  Ternyata 7 Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Peppermint memiliki aroma yang kuat sehingga semut tidak tahan. Siapkan campuran 10 tetes minyak esensial peppermint dan segelas air. Semprotkan campuran ini di tempat yang banyak semutnya. Ulangi dua kali sehari.

Jika kita tidak memiliki minyak esensial peppermint, cara lain adalah dengan menaruh daun peppermint kering di area yang menurut kita banyak dihinggapi semut.