fbpx

4 Cara Alami Bersihkan Paru-paru, Pakai Rempah Dapur

Kesehatan paru-paru dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari cuaca, paparan polusi dan bahan kimia berbahaya serta infeksi virus dan bakteri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara membersihkan paru-paru.

Untuk menjaga kondisi paru-paru, hal pertama yang harus diperhatikan adalah berhenti merokok. Asap rokok yang kita hirup tidak hanya memperburuk kondisi saluran pernapasan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh kita.

Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Kita bisa memilih bahan-bahan alami berikut ini untuk menjaga paru-paru kita tetap bersih.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan paru-paru. Senyawa ini dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap.

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea menunjukkan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau sehari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

Baca Juga :  Ketahui 6 Cara Efektif Mengatasi Sakit Pinggang

2. Jahe dan kunyit

Cara lain untuk membersihkan paru-paru yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan menggunakan jahe dan kunyit. Tidak hanya mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi, rempah-rempah ini juga memiliki sifat anti-kanker yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Tak hanya itu, jahe dan kunyit juga bisa mengatasi masalah kesehatan lainnya. Seperti, mengatasi batuk, pilek dan mual. Coba campurkan jenis rempah tersebut ke dalam segelas air hangat untuk mengatasi masalah kesehatan yang kita hadapi.

3. Bawang putih

Kami juga menganjurkan untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin. Meskipun rasanya kurang enak, bawang putih mengandung banyak anti-biotik, yang secara efektif dapat melawan infeksi saluran pernapasan dan mengatasi saluran pernapasan yang tersumbat.

4. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Bumbu masakan ini juga bisa digunakan sebagai anti-oksidan untuk menjaga paru-paru tetap bersih dan terhindar dari segala macam bakteri dan virus penyebab penyakit. Antioksidan dalam kunyit juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Berbagai Vitamin dan Mineral Penting Bagi Ibu Hamil

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kunyit ini, kita bisa menjadikannya sebagai bumbu masakan. Kita juga bisa mencampurkan air hangat dengan kunyit dan sedikit madu untuk menambah rasa untuk diminum.