fbpx
Ini 6 Cara Efektif Mengatasi Jerawat pada Punggung

Ini 6 Cara Efektif Mengatasi Jerawat pada Punggung

Ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Jerawat biasanya terjadi pada masa remaja, tetapi sebenarnya bisa terjadi pada orang dari segala usia.

Selain itu, jerawat juga bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk punggung.

Biasanya jerawat punggung meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Hal ini tentunya mengganggu penampilan.

Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah jerawat punggung.

1. Mandi segera setelah berkeringat

Tinggal di negara tropis membuat tubuh kita banyak mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, salah satu cara menjaga kebersihan tubuh adalah dengan mandi setiap selesai melakukan aktivitas yang menyebabkan tubuh berkeringat.

Misalnya, jangan biarkan pakaian yang berkeringat terlalu lama menempel di tubuh kita setelah seharian beraktivitas di luar ruangan atau setelah berolahraga.

Baca Juga :  Trik Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat, Yuk Dicoba!

Dengan cara ini, keringat tidak akan menyumbat pori-pori, dan tidak akan menimbulkan bakteri penyebab jerawat di punggung.

Menggunakan sabun antibakteri dapat memberikan perlindungan maksimal dari bakteri sekaligus menjaga kelembutan kulit. Usahakan mandi dua kali sehari ya!

2. Lakukan eksfoliasi

Selain mandi dua kali sehari, kita juga perlu melakukan tindakan tambahan untuk memastikan sel-sel kulit mati di punggung tidak menumpuk dan benar-benar terangkat. Kita bisa melakukannya dengan eksfoliasi, yaitu teknik yang menggunakan scrub atau bahan kimia khusus untuk mengangkat sel kulit mati.

Jika punggung tidak berjerawat, kita bisa melakukan scrub punggung dua kali seminggu. Sementara itu, jika kita memiliki jerawat di punggung, lakukan eksfoliasi dengan lembut. Namun, jika kondisi jerawat punggung terlalu parah, kita perlu menghindari eksofiliasi agar tidak memperparah jerawat punggung.

3. Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Agar tubuh kita tidak banyak berkeringat dan tetap sejuk, gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat, seperti katun. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintetis, seperti poliester, karena tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

Baca Juga :  Ketahui 4 Cara Mengatasi Luka Bakar yang Tepat

Selain itu, kita juga perlu mengganti pakaian saat basah karena keringat. Jika kita memakai pakaian terlalu lama, pakaian yang basah oleh keringat dapat dengan mudah menyebabkan jerawat di punggung.

4. Jaga kebersihan rambut

Rambut panjang yang tergerai ke punggung justru meningkatkan risiko timbulnya jerawat punggung. Hal ini karena kotoran dan minyak di rambut dapat menyumbat pori-pori kulit pada punggung.

Karena itu, jika kita memiliki rambut panjang, disarankan agar mengikat rambut lebih sering dan mencuci rambut secara teratur.

5. Kurangi konsumsi makanan tertentu

Makanan yang mengandung banyak gula atau indeks glikemik tinggi dianggap lebih mungkin menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat punggung, disarankan agar kita membatasi konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti nasi putih, roti tawar, mi, kentang goreng, camilan manis dan minuman bersoda.

6. Batasi penggunaan produk berminyak

Jerawat terjadi karena terlalu banyak sebum atau minyak yang diproduksi di kulit, sehingga menyumbat pori-pori. Karena itu, batasi penggunaan produk perawatan kulit berminyak, seperti lotion atau tabir surya. Sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan berlabel non-komedogenik.

Baca Juga :  4 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dengan Cepat