fbpx
5 Cara Alami Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

5 Cara Alami Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Kutu adalah serangga kecil yang memakan darah manusia. Kutu dewasa biasanya berukuran 2-3 mm, dan telurnya diletakkan di rambut, dekat dengan kulit.

Kutu rambut dapat menyerang rambut kemaluan, bulu mata dan alis, meskipun sebagian besar hidup di kulit kepala.

Saat kutu bertelur, ia akan berkembang cepat. Maka dari itu, untuk membasmi kutu secara tuntas, kita harus memburu sampai ke telurnya.

Pasalnya, jika seseorang membunuh serangganya saja, telurnya bisa menetas sehingga kutunya tidak akan hilang.

Banyak orang percaya bahwa pengobatan rumahan dapat membunuh kutu, telur atau keduanya. Berikut beberapa cara sederhana menghilangkan kutu rambut yang bisa dilakukan di rumah:

1. Minyak adas manis

Minyak adas manis dapat menutup dan mencekik kutu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ankara Yildirim Beyazit University di Turki tentang pengobatan alami untuk kutu anak menemukan bahwa minyak adas manis adalah salah satu pengobatan alami yang paling efektif.

Baca Juga :  4 Rahasia Mengencangkan Payudara dengan Cepat

Menggunakan minyak adas manis dapat menghilangkan kutu secara permanen.

2. Minyak zaitun

Kita tentu tahu minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat minyak zaitun antara lain mencerahkan wajah, menutrisi rambut, menurunkan kadar kolesterol bahkan menghilangkan kutu rambut secara permanen.

Mirip dengan minyak adas manis, minyak zaitun dapat mencekik kutu dan mencegahnya kembali. Menurut penelitian yang sama yang disebutkan di atas, minyak zaitun adalah salah satu obat yang paling efektif membasmi kutu.

3. Minyak kelapa

Kami juga merekomendasikan minyak kelapa sebagai metode menghilangkan kutu rambut yang bisa dicoba. Oleskan minyak kelapa ke rambut dan kulit kepala, diamkan setidaknya selama dua jam, lalu bersihkan kutu-kut t yang mati bergelimpangan.

4. Tea tree oil

Cara lain untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan menggunakan tea tree oil. Menurut sebuah penelitian, 1% tea tree oil dapat membunuh sekitar 100 kutu dalam 30 menit. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

Jika kita tertarik untuk menggunakan tea tree oil, cobalah menggunakannya dua hingga tiga kali seminggu. Jangan lupa untuk mencampurnya dengan minyak almond atau minyak zaitun. Untuk menghindari reaksi alergi, jangan lupa tes dulu ya.

Baca Juga :  Pemilik Gigi Kuning, Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Alami

5. Petroleum jelly

Petroleum jelly dapat membunuh kutu dan juga membasmi telur-telurnya. Namun dalam penggunaannya, petroleum jelly agak sedikit rumit.

Pasalnya, membersihkan kutu dengan bahan ini dapat menyebabkan rambut berminyak, sehingga kita perlu keramas berulang kali.