fbpx
6 Tips Mengendarai Motor Agar Irit Bahan Bakar

6 Tips Mengendarai Motor Agar Irit Bahan Bakar

Irit bahan bakar merupakan salah satu impian para pengendara sepeda motor. Namun untuk dapat berkendara secara ekonomis, beberapa hal perlu diperhatikan.

Setidaknya ada beberapa faktor yang dapat membuat motor mencapai kondisi konsumsi bahan bakar yang ideal, antara lain kondisi motor, pengoperasian motor dan penggunaan fitur yang tersedia.

Berkendara irit bahan bakar tentunya dapat menekan biaya pengeluaran. Sehingga, uang tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang lebih penting.

Berikut kami paparkan 6 tips mengendarai motor agar irit bahan bakar:

1. Cara berkendara

Cara berkendara bukan hanya soal posisi yang nyaman. Tapi juga harus bisa mengendalikan kecepatan motor lebih stabil, agar bahan bakar bisa lebih awet.

2. Periksa tekanan ban

Nah, tekanan ban juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar sepeda motor lho. Jika tekanan angnin pada ban kurang, kecepatan motor akan lebih berat, sehingga diperlukan tenaga tambahan yang berarti membutuhkan ekstra bahan bakar.

Baca Juga :  Tips Membeli Mobil Bekas Transmisi Manual

3. Kualitas pelumas

Ingat, jangan berkompromi dengan kualitas pelumas atau oli. Karena kualitas pelumas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi motor akan membuat gesekan mesin menjadi lebih halus, suhu mesin akan lebih terjaga dan konsumsi bahan bakar akan lebih irit.

4. Periksa kondisi busi

Jangan malas mengecek kualitas busi yang digunakan. Siapa tahu sudah tua dan harus diganti dengan yang baru. Karena busi yang bermasalah bisa menjadi sumber borosnya bahan bakar alias terbuang dengan percuma.

5. Tahu lebih tentang sepeda motor kita

Coba ingat, kapan terakhir kali melakukan servis sepeda motor kesayangan kita? Kemudian, apa jenis bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan? Selain itu, pelajari lebih lanjut tentang fitur dan teknologi sepeda motor kita.

6. Manfaatkan teknologi

Sebagaimana disinggung di atas, teknologi dan beberapa fitur motor dapat mendukung terciptanya efisiensi bahan bakar. Salah satunya adalah fitur Stop dan Start System serta indikator Eco Riding, yang memberi tahu pengendara untuk mengoperasikan sepeda motor dalam kondisi irit.

Baca Juga :  Awas Rem Blong! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Itulah tips mengendarai motor supaya irit bahan bakar. Semoga bermanfaat untuk kita semua.