fbpx
5 Kebiasaan Ini Bikin Kita Sulit Tidur, Tolong Hindari!

5 Kebiasaan Ini Bikin Kita Sulit Tidur, Tolong Hindari!

Tidur merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang.

Namun terkadang kita sulit untuk tidur. Jika demikian halnya, maka meskipun badan terasa lelah, mata akan sulit terpejam.

Jika kita termasuk orang yang suka sulit tidur, sebaiknya cek kemungkinan penyebabnya di bawah ini:

1. Menggunakan gadget sebelum tidur

Karena kebutuhan pekerjaan, kita mungkin masih harus berurusan dengan laptop bahkan ketika akan tidur. Tapi, tahukah kamu bahwa semua perangkat elektronik berdampak buruk pada kualitas tidur ?

Bukan hanya karena laptop, kebanyakan orang sering mengecek media sosial melalui gadget, sehingga cahaya dari gadget tersebut akan membuatnya semakin sulit tertidur.

Beberapa aktivitas interaktif lainnya, seperti chatting atau bermain game, dapat membuat otak tidak bisa ‘diam’ dan menyebabkan insomnia.

2. Konsumsi alkohol dan kafein

Alkohol dapat menjadi obat penenang dan menyebabkan kantuk. Namun faktanya, alkohol hanya akan membuat kita tertidur lebih awal. Setelah minum alkohol, kita bisa terbangun lagi di malam hari dan kemudian sulit untuk tidur lagi.

Baca Juga :  5 Cara Paling Jitu Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Sementara itu, kafein juga bisa menjadi penyebab insomnia jika kita mengonsumsinya terlalu banyak. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada tahun 2005 menemukan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir minuman berkafein sehari lebih mungkin untuk memiliki gejala insomnia dibandingkan mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

3. Menyalakan lampu

Menyalakan lampu akan membuat kita sulit untuk tertidur. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk mematikan lampu di kamar sebelum tidur.

Mematikan lampu di kamar bisa membuat kita tidur lebih cepat. Selain itu, kita bisa tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Bagaimana dengan orang yang takut gelap?

Jika takut gelap, kita bisa mencoba menyalakan lampu di sekitar kamar, misalnya: lampu kamar mandi, lampu teras luar ruangan atau lampu ruangan sebelah kamar.

Cahaya lampu akan masuk ke dalam kamar, sehingga ruangan kita tidak akan terlalu gelap.

4. Beraktivitas di dalam kamar

Kamar adalah tempat untuk beristirahat dan melepas penat. Oleh karena itu, silakan gunakan kamar untuk istirahat dan tidur.

Baca Juga :  Mengenal Sleep Apnea, Gangguan Tidur Amat Bahaya

Kami menyarankan agar tidak menggunakan kamar untuk kegiatan lain, seperti menonton TV, membaca buku dan bermain dengan teman. Mengapa?

Saat kita melakukan aktivitas di dalam kamar, otak akan merekamnya.

Jika hal ini terjadi, otak akan berpikir bahwa kasur adalah tempat untuk beraktvitas, bukan tempat untuk tidur atau beristirahat. Ini akan membuat kita sulit untuk tertidur di malam hari.

5. Waktu tidur yang tidak konsisten

Orang yang bekerja mungkin memiliki waktu tidur yang tidak konsisten.

Padahal, orang dengan waktu tidur yang tidak konsisten dapat menyebabkan masalah tidur kronis dan insomnia.