fbpx
Ternyata Monstera Bisa Ditanam di Air, Begini Caranya

Ternyata Monstera Bisa Ditanam di Air, Begini Caranya

Monstera memiliki bentuk daun yang unik. Inilah alasan mengapa tanaman ini menjadi primadona beberapa waktu lalu, bahkan hingga kini.

Perlu kita ketahui, monstera adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di air. Monstera adalah tanaman tropis dari Amerika Tengah. Mengetahui ‘sumbernya’ memungkinkan kita untuk memahami bahwa tanaman ini akan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab.

Jenis tanaman hias dengan bentuk daun yang unik dan indah ini dapat ditanam di dalam maupun di luar ruangan, serta biaya perawatannya yang relatif murah.

Untuk menanam monstera di air, kita bisa memotong sulur dari tanaman inti dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Potong batangnya

Monstera yang dibeli dari toko tanaman akan memiliki tanah. Dari situ, kita bisa melihat beberapa batang yang bisa ditumbuhkan di air.

Baca Juga :  3 Cara Alami Mengkilapkan Daun Aglonema, Mudah!

Temukan ruas atau cincin berwarna coklat di sekitar batang daun tua. Ini adalah titik persimpangan di mana daun baru dan akar baru akan terbentuk. Kemudian, potong bagian tersebut.

2. Masukkan batang ke dalam air

Ambil batang dengan beberapa ruas atau daun, dan tempatkan ujung batang yang dipotong dalam air yang tidak mengandung klorin pada suhu ruangan.

Sebagian besar air keran mengandung klorin, jadi yang terbaik adalah menggunakan air kemasan atau air murni untuk menanam monstera.

Jika Kita menggunakan air keran, biarkan semalaman untuk menghilangkan klorin terlebih dahulu.

3. Pastikan tanaman tegak

Tempatkan stek dalam toples atau vas kaca agar batangnya tetap tegak. Memilih toples yang tinggi dan sempit akan membantu menjaga tanaman tetap tegak.

4. Letakkan di tempat terkena sinar matahari

Tempatkan wadah di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung.

Tanaman ini tidak menyukai sinar matahari langsung yang kuat. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat membakar daun dan menyebabkannya menguning dan kemudian rontok.

Baca Juga :  5 Tanaman Pisang-pisangan Ini Bisa Percantik Rumah

Misalnya, kita bisa meletakkannya di pinggir jendela kamar mandi. Selain terkena cahaya, lingkungan juga lembab, ini cocok untuk monstera.

5. Ganti air setiap 3-5 hari

Air di wadah kaca monstera perlu sering diganti, setiap 3-5 hari. Jika warna air berubah, maka lakukan lebih awal.

Wadah kaca transparan akan memudahkan kita untuk mengecek kondisi air dan perkembangan akar.

Sebelum mengganti air lama, biarkan air mencapai suhu kamar. Air dingin akan berdampak pada tanaman, sedangkan air panas akan “memasak” tanaman dan merusaknya.

6. Beri pupuk

Kita bisa menggunakan pupuk cair yang seimbang untuk memberi nutrisi bagi monstera. Kita bisa memberikannya sebulan sekali.

Ikuti petunjuk pada label untuk mendapatkan dosis yang tepat.