fbpx
Ini 4 Cara Efektif Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Ini 4 Cara Efektif Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Mengapa HP cepat panas? Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Pertama, SoC atau prosesor yang digunakan. Kebanyakan prosesor high-end dan berperforma tinggi akan lebih panas daripada prosesor mid-rend yang lebihhemat daya.

Kedua, aplikasi yang berjalan di belakang (background). Semakin banyak aplikasi yang jalan di belakang, smartphone akan selalu dalam keadaan ‘bekerja’ meski dalam posisi standby.

Kecuali jika sistem operasi dikelola secara ketat, keadaan ini akan secara otomatis menutup banyak aplikasi di belakang.

Ketiga, sinyal atau operator smartphone. Semakin jauh BTS yang dijangkau, ponsel kita akan menjadi makin panas. Alasannya adalah ponsel melepaskan lebih banyak energi, sedangkan suhu udara di sekitar sering diabaikan.

Keempat, charger dan kabel data juga berpengaruh. Pengguna umumnya enggan membeli kabel data atau charger originial karena seringkali lebih mahal daripada yang dijual di toko aksesori.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

1. Instal aplikasi sesuai kebutuhan

Penggunaan banyak aplikasi ini dapat dengan cepat membuat ponsel panas. Meski banyak ponsel saat ini memiliki komponen perangkat keras yang mendukung multitasking, seperti RAM yang tinggi, tetap saja hal tersebut akan berakibat fatal pada ponsel.

Tentu saja, jika hal ini terus berlanjut, kemungkinan ponsel akan mengalami overheat. Selain cepat panas, terlalu banyak menggunakan aplikasi menyebabkan ponsel sering hang.

2. Gunakan baterai original

Saat ini, penggunaan baterai tanam telah menjadi tren produksi ponsel. Namun ketika baterai mulai drop, kita bisa menggantinya dengan yang baru.

Saat baterai ponsel rusak, sebaiknya ganti baterai yang original dengan kualitas yang lebih baik dan terjamin ketahanannya, meski harganya cukup mahal.

Biasanya baterai murah, berkualitas rendah tidak tahan lama, membuat ponsel cepat panas dan cepat terurai.

3. Isi daya ponsel secukupnya

Jika baterai ponsel terisi penuh, kita harus segera menghentikan proses pengisian daya. Kebiasaan menghubungkan baterai ke pengisi daya secara terus menerus ternyata tidak aman. Ini juga dapat menyebabkan baterai ponsel cepat panas.

Baca Juga :  3 Cara Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Perlu Uninstall

Meskipun beberapa pengisi daya dapat memutus arus listrik saat terisi 100%, namun tidak baik untuk terus mengisi daya baterai saat sudah terisi 100%.

Mengisi daya baterai dalam waktu singkat hingga terisi penuh berulang kali sebenarnya lebih baik daripada membiarkan baterai dalam kondisi nol persen lalu baru diisi daya.

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan ponsel saat mengisi daya. Ini dapat menyebabkan panas berlebih yang lebih cepat karena aplikasi dan pemrosesan perangkat keras plus temperatur yang dihasilkan saat baterai sedang diisi daya.

4. Matikan ponsel

Ini adalah senjata pamungkas untuk ponsel yang overheat. Mematikan ponsel jelas akan menghentikan semua proses yang terjadi saat ponsel dalam keadaan menyala.

Ini akan dengan cepat menurunkan temperatur ponsel. Selain itu, mematikan ponsel dapat “mengembalikan” kecepatan proses aplikasi seperti semula.