fbpx
4 Fakta Sarapan Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

4 Fakta Sarapan Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Sarapan pagi memiliki banyak manfaat. Selain memberikan energi bagi tubuh, sarapan juga bisa membantu kita menurunkan berat badan, meski hanya memakan sepotong roti panggang dan sebutir telur.

Oleh karena itu, sarapan harus menjadi rutinitas harian yang tidak boleh dilewatkan di pagi hari.

Namun, bagaimana cara sarapan membantu kita menurunkan berat badan? Ini penjelasannya.

1. Sarapan membuat perut kenyang lebih lama

Ahli gizi Lisa Young mengatakan sarapan membantu membuat perut terasa lebih kenyang. Karena perut terasa kenyang, kita tidak perlu ngemil sebelum makan siang.

Kunci untuk merasa lebih lama kenyang setelah sarapan adalah mengombinasikan makanan padat gizi. Beberapa komposisi yang kita butuhkan seperti protein, lemak sehat dan karbohidrat kompleks kaya akan serat.

Kombinasi bahan-bahan ini akan membantu kita merasa kenyang lebih lama.

2. Terhindar dari rasa lapar di tengah malam

Sarapan di pagi hari ternyata bisa membuat kita terhindar dari lapar di tengah malam.

Baca Juga :  8 Khasiat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

Ahli gizi Amy Goodson mengatakan orang yang melewatkan sarapan cenderung merasa lapar di tengah malam. Akibatnya, mereka makan di tengah malam dan menyebabkan kalori menumpuk di dalam tubuh.

3. Memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Jika kita melewatkan sarapan terlalu sering, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak akan tercukupi dengan baik. Sementara itu, ketika seseorang terbiasa makan pagi, mereka cenderung memiliki pola makan yang sehat secara keseluruhan.

Nah, jika kita melakukan hal ini setiap hari, sarapan bisa memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Dalam hal ini, tidak disarankan untuk makan camilan berat di pagi hari.

Untuk mendapatkan manfaat dari sarapan, kita sebaiknya mengonsumsi sereal gandum utuh, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, telur rebus, ayam, susu rendah lemak atau keju.

Jangan lupa kombinasikan kudapan dengan karbohidrat kompleks, protein, serat dan sedikit lemak agar kita merasa kenyang lebih lama.

4. Mendapatkan protein

Kita juga bisa mendapatkan protein dalam sarapan. Asupan protein yang dianjurkan untuk sarapan adalah 20-30 gram, dengan disertai karbohidrat yang kaya serat.

Baca Juga :  4 Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Cepat dan Praktis

Disarankan menggunakan telur atau yogurt untuk sarapan. Kedua makanan ini bisa membuat kita merasa lebih kenyang dan mengurangi asupan makanan yang berlebihan.

Setelah mengetahui manfaat sarapan, sebaiknya jangan melewatkannya di pagi hari. Beberapa menu sarapan, seperti telur, gandum, buah beri, pisang, kacang-kacangan dan oatmeal adalah menu terbaik untuk menurunkan berat badan di pagi hari.

Menu sederhana, seperti roti gandum panggang plus telur, oatmeal plus buah atau kombinasi yogurt dan buah bisa menjadi pilihan menu sarapan.

Jika terlalu sibuk, kita bisa makan apel yang dilapisi selai kacang untuk sarapan. Perpaduan ini juga bergizi dan enak di lidah.