fbpx
Ketahui 6 Cara Efektif Mengatasi Sakit Pinggang

Ketahui 6 Cara Efektif Mengatasi Sakit Pinggang

Beberapa orang pernah mengalami sakit pinggang sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri pinggang bisa muncul pada saat-saat tertentu, seperti saat buang air kecil dan berhubungan seks.

Ada beberapa penyebab sakit pinggang, mulai dari peradangan tendon, radang sendi dan keausan tulang rawan yang biasanya terjadi pada lansia. Selain itu disebabkan juga oleh bursitis trokanterik, patah tulang pinggang, nekrosis avaskular ketika darah tidak dapat mencapai tulang, kerusakan sendi yang disebabkan oleh penggunaan obat steroid atau alkohol yang berlebihan dan perawatan kanker.

Untuk mengatasi sakit pinggang, baik di rumah maupun selama perawatan, lakukanlah enam hal ini:

1. Istirahat

Jika nyeri pinggang disebabkan oleh olahraga yang berlebihan, maka bisa diatasi dengan istirahat. Istirahat biasanya cukup untuk mengatasi sakit pinggang. Rasa sakit ini biasanya hilang dalam beberapa hari.

Baca Juga :  Ini Lho 5 Penyebab Teliga Berdenging, Apakah Bahaya?

2. Jangan berbaring di tempat tidur terlalu lama

Jika berlama-lama di tempat tidur, penderita nyeri pinggang bawah akan merasakan nyeri yang lebih parah. Tetap aktif dan berhati-hati selama berolahraga dapat membantu proses penyembuhan sakit pinggang.

3. Kompres panas dan dingin

Bantalan pemanas dan kompres dingin dapat mengatasi sakit pinggang. Profesional medis merekomendasikan penggunaan kompres es dalam 48 jam pertama setelah cedera, terutama jika kita mengalami pembengkakan dan kemudian beralih ke kompres panas.

4. Regangkan otot paha belakang

Otot paha belakang yang tegang mungkin menjadi salah satu penyebab sakit pinggang. Peregangan otot paha belakang adalah salah satu cara untuk mengatasi sakit pinggang. Namun, kita perlu meregangkan otot paha belakang secara perlahan untuk menghindari nyeri pinggang yang semakin parah.

5. Terapi alternatif

Beberapa terapi holistik dapat mengatasi sakit pinggang. Terapi holistik adalah metode penyembuhan yang menggabungkan teknik terapi Barat dan Timur.

Terapi holistik yang mungkin dilakukan ialah menemui ahli tulang. Jika kita menderita radang sendi, dokter akan meresepkan obat untuk menghilangkan rasa sakit dan kekakuan.

Baca Juga :  Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Berakibat Penuaaan Dini

6. Temui dokter

Untuk sakit pinggang akibat cedera, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Untuk cedera, pengobatan biasanya mencakup istirahat dan obat-obatan, seperti naproxen untuk meredakan pembengkakan dan nyeri.

Untuk cedera nyeri pinggang ringan dan kecelakaan terkait olahraga, perawatan medis tidak diperlukan, dan pinggang akan segera kembali normal dengan perawatan rumahan sebagaimana dijelaskan di atas.