fbpx
4 Cara Efektif Mengobati Scabies Pada Kucing

4 Cara Efektif Mengobati Scabies Pada Kucing

Selain jamur, penyakit yang sering menyerang kucing adalah scabies atau kudis yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei.

Scabies merupakan penyakit yang sulit disembuhkan karena tungau menyerang kulit kucing dan menggali lubang untuk berkembang biak.

Jika kucing kita menderita scabies, kita bisa menggunakan beberapa cara praktis dan efektif untuk menghilangkannya, di antaranya sebagai berikut:

1. Isolasi kucing yang terkena kudis

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengisolasi atau memisahkan kucing dari hewan peliharaan lain dan anggota keluarga lainnya di dalam rumah.

Karena scabies dapat menyebar ke hewan peliharaan lain, pastikan untuk menggunakan kandang terpisah. Pastikan juga ia makan dan minum di tempat lain.

Setelah memastikan kucing dikarantina dengan aman, kita dapat berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan panduan tentang prosedur penanganan yang benar.

2. Gunakan obat scabies kucing

Sebagai pengobatan paling awal untuk scabies, dokter biasanya merekomendasikan pengobatan topikal.

Baca Juga :  Daftar Harga Kucing Persia Flatnose, Cek di Sini!

Pengobatan topikal sendiri biasanya menggunakan kombinasi salep scabies dan sampo anti kutu yang bahannya dapat membunuh tungau di jaringan kulit.

3. Lakukan suntik scabies kucing

Umumnya, kucing dengan gejala parah dan butuh perawatan dokter hewan langsung ditangani dengan memberikan suntik scabies.

Salah satu jenis suntikan scabies kucing adalah Selamectin, di mana kucing akan disuntik dengan obat yang bisa diberikan 30 hari sekali sebanyak 3 kali aplikasi.

Harga suntik scabies kucing bervariasi. Harga rata-rata berkisar antara 100.000 rupiah hingga 300.000 rupiah per aplikasi.

Kita juga bisa memadukannya dengan perawatan topikal dengan menggunakan salep dan sampo untuk guna mempercepat proses penyembuhan.

4. Bersihkan kandang kucing dan perlengkapannya

Salah satu penyebab scabies kucing adalah lingkungan tempat tinggalnya. Cara mencegah scabies kucing kambuh lagi adalah melakukan pembersihan kandang secara rutin.

Kita bisa menggunakan sabun dan air mengalir untuk membersihkan kandang kucing dan perlengkapan di dalamnya.

Jika perlu, kita juga dapat menggunakan cairan pembasmi kutu dan air panas untuk membunuh tungau dan kuman di kandang kucing.

Baca Juga :  4 Tips Memelihara Anjing dan Kucing Bersamaan

Selain itu, kita perlu memperhatikan kebersihan rumah dan diri kita sendiri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan kucing.