fbpx
Hasil Penelitian Jalan Kaki Bisa Bikin Umur Panjang

Hasil Penelitian: Jalan Kaki Bisa Bikin Umur Panjang

Olahraga tidak harus berat. Penelitian terbaru menemukan bahwa sering berjalan kaki setiap sehari dapat meningkatkan angka harapan hidup.

Studi itu dipresentasikan dalam konferensi ilmiah tahunan virtual yang diadakan oleh American Heart Association (AHA) pada 20 hingga 21 Mei.

Jalan kaki merupakan salah satu cara teraman dan termudah untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Pedoman kebugaran AHA menunjukkan bahwa orang dewasa disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu, atau 75 menit aktivitas fisik berat per minggu, atau kombinasi keduanya.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan perangkat penghitung langkah untuk memantau aktivitas fisik peserta. Para peneliti mengamati semua jenis gerakan, termasuk menaiki tangga atau aktivitas secara umum lainnya.

Pemantauan dilakukan pada 2011-2015 terhadap 16.732 wanita dengan usia rata-rata di atas 60 tahun. Para peneliti menggunakan perangkat penghitung langkah untuk menghitung langkah harian dan pola berjalan peserta selama 4-7 hari.

Dalam studi lanjutan, para peneliti melacak tingkat kematian dari berbagai penyebab selama enam tahun yang hingga 31 Desember 2019. Peneliti menemukan 804 kematian selama periode penelitian 2011-2019.

Baca Juga :  Ketahui 6 Cara Efektif Mengatasi Sakit Pinggang

Peserta penelitian yang melakukan lebih banyak langkah atau sekitar 4.500 per hari memiliki harapan hidup lebih lama.

Sementara setiap tambahan 1000 langkah per hari mengalami penurunan  risiko kematian sebesar 28%. Peserta yang melakukan 2.000 langkah tambahan per hari mengalami penurunan risiko kematian sebesar 32%.

Tips agar jalan kaki lebih menyenangkan

Mungkin olahraga jalan kaki yang begitu-begitu saja membuat banyak orang tidak tertarik. Namun, jika kita mengembangkan kebiasaan berjalan kaki, ada banyak manfaat kesehatan yang menanti.

Kita juga akan berkontribusi dalam pemeliharaan kesehatan udara di lingkungan kita, karena tidak perlu mencemari udara akibat asap kendaraan.

Karena itu, agar jalan kaki lebih menyenangkan, cobalah tips berikut ini:

  • Mengubah cara berpikir bahwa berjalan kaki baik untuk kesehatan, sehingga tidak menjadi beban
  • Undang teman, keluarga atau hewan peliharaan untuk menemani kita berjalan-jalan
  • Kita dapat mendengarkan musik sambil berjalan agar lebih rileks
  • Pilih tempat yang menyenangkan untuk olahraga jalan kaki, seperti di taman
  • Usahakan untuk ganti tempat berjalan agar tidak bosan
  • Gabungkan berjalan dengan aktivitas lain, seperti memotret pemandangan sekitar
Baca Juga :  Ternyata Amandel Bisa Diobati dengan 7 Cara Alami Ini