fbpx
Minum Susu Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Minum Susu Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Produk susu seringkali dianggap remeh dan bahkan dianggap buruk bagi kesehatan. Namun, penelitian terbaru berhasil mengungkap temuan berbeda.

Menurut beberapa penelitian, minum susu dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Klaim ini berdasarkan penelitian terbaru yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari dua porsi susu murni, yakni 244 gram per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Ini termasuk produk susu yang berasal dari susu dan yogurt, bukan keju dan krim.

Minum susu dalam jumlah cukup adalah “kunci”, tetapi lembaga kesehatan Inggris merekomendasikan mengonsumsi tidak lebih dari dua hingga tiga porsi susu rendah lemak sehari.

Sangat penting untuk mengonsumsi susu secukupnya, karena bahan pangan ini mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kandungan kolesterol.

Kolesterol adalah zat lemak yang diperlukan untuk fungsi normal tubuh, tetapi kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Lemak jenuh ditemukan dalam makanan, termasuk mentega, kue, biskuit, daging potong, sosis, keju, kue kering, krim, coklat dan es krim.

Baca Juga :  4 Cara Mencegah Serangan Jantung, Mulai Sekarang!

Pedoman kesehatan di Inggris merekomendasikan bahwa pria berusia antara 19 dan 64 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 30 gram lemak jenuh per hari. Wanita pada kelompok usia yang sama disarankan untuk makan tidak lebih dari 20 gram lemak jenuh per hari.

Susu sendiri sudah sejak lama diketahui mampu menunjang kesehatan tulang. Selain itu, susu juga memberi tubuh asupan vitamin dan protein.