fbpx
Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Patut Dicoba!
Source : freepik

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Patut Dicoba!

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat kita sulit tidur dan / atau tertidur. Kondisi tersebut dapat bersifat jangka pendek (akut) atau dapat berlangsung lama (kronis). Bisa juga datang dan pergi.

Insomnia akut berlangsung dari mulai 1 malam sampai dengan beberapa minggu. Insomnia bersifat kronis bila terjadi setidaknya 3 malam dalam seminggu yang berulang selama 3 bulan atau lebih.

Beberapa gejala umum insomnia adalah sering terbangun di malam hari, bangun lebih awal, lelah saat bangun tidur dan sulit berkonsentrasi di siang hari.

Berikut lima cara ampuh mengatasi insomnia:

1. Meditasi

Ini berbeda dengan meditasi umum yang digunakan untuk menghilangkan stres. Meditasi untuk insomnia adalah meditasi tidur yang terpadu.

Di sini, yang harus kita lakukan adalah mendengarkan narator menenangkan yang membujuk kita untuk masuk ke dalam relaksasi yang mendalam.

2. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat mengatasi masalah insomnia. Yoga dapat membuat orang lebih tenang secara fisik dan psikologis.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Ngorok Saat Tidur, Lakukan Hal Ini

3. Olahraga

Sejak lama, olahraga dipercaya dapat membantu mengatasi insomnia. Menurut penelitian, wanita lansia penderita insomnia alami perbaikan pola tidur setelah rutin berolahraga.

Beberapa ahli juga telah mempelajari hubungan antara aktivitas fisik dan tingkat olahraga serta kualitas tidur di malam hari.

Alhasil, olahraga memang bisa membantu seseorang lebih mudah tertidur dan terhindar dari rasa cemas yang menyebabkan insomnia di malam hari.

4. Pijat

Pijat adalah pilihan cerdas, sehat, dan tanpa obat yang telah membantu banyak orang mengatasi insomnia. Karena melatonin memengaruhi fase tidur dari ritme sirkadian seseorang, cara alami untuk meningkatkan serotonin adalah memilih pemicu tidur yang positif.

Hubungan ini membutuhkan penelitian lebih lanjut yang menunjukkan efek langsung terapi pijat terhadap serotonin dan tidur. Sementara itu, bukti yang ada cukup untuk merekomendasikan pijatan rutin bagi pasien yang sulit tidur.

Meski tidak semua orang memiliki partner untuk memijat tangan kita, tetapi menekan ibu jari pada bagian tertentu pada telapak tangan bisa melepaskan ketegangan yang terjadi di bagian tubuh lainnya. Cara ini dipercaya dapat mengatasi insomnia di malam hari.

Baca Juga :  5 Cara Paling Jitu Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

5. Minyak lavender

Minyak lavender dapat membantu penderita insomnia. Ya, minyak lavender dapat membantu seseorang segera tertidur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak lavender dapat meningkatkan teknik sleep hygiene. Sleep hygiene merupakan salah satu teknik tidur sehat yang dapat meningkatkan kualitas tidur.