fbpx
Cara Dapat Diskon Listrik Mei 2021, Simak di Sini!

Cara Dapat Diskon Listrik Mei 2021, Simak di Sini!

PT PLN (Persero) kembali memperpanjang subsidi listrik hingga Juni 2021.

Namun besaran subsidi listrik yang diterima pelanggan berbeda dengan periode sebelumnya.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), besaran stimulus listrik periode April hingga Juni 2021 seperti dijelaskan di bawah ini:

Untuk pelanggan rumah tangga dengan daya sebesar 450 VA, bisnis kecil dengan daya sebesar 450 VA, dan industri kecil dengan daya sebesar 450 VA, besaran diskon tarif listrik adalah 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Sementara itu, pengguna rumah tangga 900 VA bersubsidi dapat menikmati diskon 25 persen dan dapat menggunakannya hingga 720 jam nyala.

Pelanggan industri, bisnis dan sosial akan menerima pembebasan biaya berlangganan atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen.

Cara mendapatkan subsidi listrik

Untuk pelanggan listrik prabayar, subsidi tagihan listrik saat ini hanya bisa diperoleh melalui situs resmi PLN, tidak bisa lagi melalui pesan WhatsApp. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka www.pln.co.id atau langsung akses https://stimulus.pln.co.id;
  2. Pilih opsi Diskon Stimulus Covid-19Diskon stimulus covid-19
  3. Inputkan data yang diminta, mulai dari identitas (ID) pelanggan atau nomor meter dan kode captcha. Jika sesuai nama pelanggan, tarif, dan daya listrik yang digunakan akan muncul di kolom info pelanggan. Sedangkan, besaran subsidi yang diterima beserta kode token listrik akan muncul di kolom keterangan.
  4. Masukkan nomor token ke meteran listrik sesuai kode yang tertera di websitetampilan nomor token
Baca Juga :  Cara Klaim Token Listrik Gratis untuk Bulan Maret 2021

Untuk pelanggan pascabayar, subsidi listrik berupa potongan atau diskon tagihan listrik tidak perlu memasukkan token lagi, tetapi dipotong dari jumlah tagihan kelak.

Waspada Penipuan

PLN mengimbau pelanggan untuk menyaring informasi tentang cara mendapatkan stimulus listrik dan subsidi listrik, karena hal ini dapat berujung pada penipuan.

Agung Murdifi, Executive Vice President Corporate Communications and Corporate Social Responsibility PLN, mengonfirmasi bahwa pendaftaran subsidi listrik bagi pengguna rumah tangga 450 volt-ampere (VA) dan 900 VA melalui link ini : https://tokenpln.shop/index.php ? app = PLN & data1ID = 135 adalah penipuan.

Satu- satunya cara mendapatkan subsidi listrik atau stimulus listrik PLN adalah melalui sistus resmi PLN, yaitu di link https://stimulus.pln.co.id.