fbpx
Membandingkan Manfaat Kesehatan Kopi dan Teh

Membandingkan Manfaat Kesehatan Kopi dan Teh

Selama ini, kopi dan teh diyakini mengandung kafein, antioksidan yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Tak hanya itu, mereka juga baik untuk kesehatan.

Maka dari itu, banyak orang yang sering mempertanyakan, manakah yang lebih sehat, apakah kopi atau teh?

Berikut kandungan kesehatan pada kopi dan teh

Manfaat Kesehatan Kopi

1. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa didapat dari kopi adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan oleh universitas terkenal menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari satu cangkir kopi sehari selama empat tahun memiliki risiko lebih rendah sebesar 11 persen terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga :  8 Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Anda Ketahui

Namun, faktor yang memengaruhi risiko diabetes bukan hanya pada kopinya sendiri. Yang perlu diingat adalah menambahkan terlalu banyak gula pada kopi ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

2. Mengurangi Risiko Depresi dan Gangguan Fungsi Otak

Penelitian ilmiah tentang hubungan antara kafein dan depresi biasanya menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi terjadinya depresi. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa asupan kafein bisa mengurangi kejadian bunuh diri.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa kafein, terutama yang terdapat dalam kopi, memiliki efek perlindungan terhadap depresi.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa teh kurang protektif dibandingkan kopi, tetapi masih efektif dalam mengurangi risiko depresi sampai batas tertentu.

Menurut penelitian yang dilakukan, minum setidaknya empat cangkir kopi berkafein dapat menurunkan risiko depresi sebesar 20 persen. Mengonsumsi produk kopi yang mengandung kafein tinggi sangat disarankan untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Parkinson

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa pasien dengan penyakit Parkinson memiliki kadar kafein yang lebih rendah dalam darah.

Studi tersebut membandingkan orang dengan Parkinson yang membawa mutasi genetik tertentu yang diketahui meningkatkan risiko Parkinson dengan orang yang membawa mutasi yang sama tetapi tidak memiliki penyakit tersebut.

Baca Juga :  4 Cara Menyimpan Biji Kopi, Jangan Ditaruh di Sini Ya!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian, risiko gagal jantung menurun 5% -12% per cangkir kopi per hari, dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Tidak ada perubahan risiko gagal jantung pada orang yang minum satu cangkir kopi sehari, tetapi risiko 30% lebih rendah bagi mereka yang minum dua cangkir atau lebih. Minum kopi tanpa kafein, di sisi lain, secara signifikan meningkatkan risiko gagal jantung.

Manfaat Kesehatan Teh

1. Meningkatkan konsentrasi

Mengonsumsi teh secara rutin dapat meningkatkan konsentrasi. Ini karena kandungan kafein dalam teh meningkatkan fokus dan konsentrasi pada seseorang.

Kafein yang mengalir melalui pembuluh darah akan merangsang fungsi sistem saraf pusat sehingga memperlancar peredaran darah di otak. Karena itu, mengonsumsi kafein saat seseorang mengantuk bisa membuatnya tetap terjaga.

2. Menjaga Kesehatan Rongga Gigi dan Mulut

Seseorang yang rutin minum teh akan memiliki rongga gigi dan mulut lebih sehat. Kandungan antioksidan dalam teh memiliki manfaat mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut. Karena bakteri di rongga mulut telah terbunuh, risiko karies gigi pun berkurang. Selain itu, minum teh juga sangat bermanfaat untuk mencegah bau mulut.

Baca Juga :  4 Cara Menyimpan Biji Kopi, Jangan Ditaruh di Sini Ya!

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kamu yang memiliki masalah berupa tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi teh secara rutin.

Mengonsumsi teh hitam juga sangat dianjurkan untuk kita. Sebab, konsumsi teh hitam dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan juga sistolik.

Tentu, untuk hasil yang lebih maksimal penderita tekanan darah tinggi disarankan agar mengubah pola hidup lebih sehat termasuk pola makan seperti menghindari makanan tinggi garam.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dapat diturunkan ketika seseorang mengonsumsi teh secara rutin. Kadar kolesterol jahat LDL ini dapat turun dikarenakan kandungan antioksidan di dalam teh yang tinggi.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat dalam darah tidak dapat teroksidasi.