fbpx
Cara Cek Data Penerima Bansos 2021, Klik Link Ini

Link Terbaru Cara Cek Data Penerima Bansos 2021

Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengubah situs web untuk memantau bantuan sosial (bansos). Sekarang pengecekan bansos tidak lagi bisa ditemukan di https://dtks.kemensos.go.id.

Dengan adanya website terbaru ini diharapkan semua data memiliki identitas yang sama sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil.

Hal ini dilakukan agar data penerima bansos 2021 lebih tepat sasaran.

Bukan lagi dtks.kemensos.go.id

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan bahwa mulai 1 April Kemensos telah meluncurkan Data Terpadu Peduli Sosial (DTKS ) baru yang bertahuk “New DTKS” yang telah dikroscek dengan NIK yang tercantum di data Dukcapil Kemendagri.

Terkait minimnya data, daerah akan diminta mengajukan proposal baru. Untuk meningkatkan transparansi secara keseluruhan, Kita dapat melihat data DTKS yang terbaru melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Publik terbuka untuk memantau data penerima PKH, BPNT dan BST hingga akhir April mendatang. Dalam DTKS baru ini diberikan dua aspek yaitu seseorang berhak memfasilitasi dirinya sendiri dalam mengajukan permohonan bantuan.

Baca Juga :  Cara Daftar Jadi Penerima Kartu Sembako 2022 Online

Menteri Sosial mengatakan, dari hasil penelusuran pada New DTKS ada 21 juta lebih data yang di soft delete karena berbagai persoalan.

Dari 21 juta lebih data bermasalah tersebut, dinon-aktifkan karena beberapa syarat, yaitu: data ganda, terima bantuan ganda, sesuai aturan jika telah menerima PKH dan BPNT bisa, tapi jika menerima BST tidak bisa menerima jenis bantuan lain.

Cara Mengecek Data Penerima Bansos

Begini cara mengecek penerima bantuan sosial yang terbaru :

  • Kunjungi http://cekbansos.kemensos.go.id
  • Lalu, pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, serta desa tempat tinggal kita
  • Ketikkan nama sesuai dengan KTP
  • Masukkan kode 4 karakter yang terlihat di kotak Kode sebelah kiri
  • Jika huruf simbol tidak jelas, klik kotak Kode untuk memunculkan kode baru
  • Kemudian klik tombol cari.

tampilan web new dtks

Sistem akan mencocokkan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang dimasukkan lalu membandingkannya dengan nama yang terdaftar di database Kementerian Sosial.

Dengan cara ini, siapa pun dapat memeriksa data penerima Bansos melalui halaman cekbansos.kemensos.go.id.

Pencairan Dipercepat dan Dirapel

Rencananya pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos). Bantuan sosial akan dipercepat pada Mei 2021 sehingga bisa dibayarkan awal bulan ini atau menjelang Idul Fitri 1442 H.

Baca Juga :  Info Baru Cara Mendapatkan BLT Anak Sekolah 4,4 Juta

Tujuannya untuk meningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat saat Lebaran.

Wakil Menteri Kementerian Keuangan Suahasil Nazara, pada Kamis lalu yang menyatakan bahwa Kemensos akan mempercepat penyaluran Bansos PKH, BPNT, maupun BLT Dana Desa akan dicairkan segera pada bulan Mei ini

Disamping itu, Pada jumpa pers virtual yang digelar Kamis lalu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga menyatakan bahwa bansos kemungkinan akan digabung pencairannya antara bulan Mei dan Juni sehingga bisa cukup untuk dipergunakan merayakan Hari Raya Idul Fitri.