fbpx
Cara Print Chat WhatsApp, Berikut Langkah-langkahnya
Source : statusdays

Cara Print Chat WhatsApp, Berikut Langkah-langkahnya

Bisa gak sih chat Whatsapp di print out? Ternyata bisa, lho. Kini layanan pesan populer WhatsApp telah memudahkan miliaran penggunanya. Salah satu fitur yang bisa kita coba adalah mencetak chat WhatsApp dengan siapa pun yang pernah chatting dengan kita.

Untuk mencetak obrolan di WhatsApp, hanya bisa dilakukan setiap kontak satu per satu. Kita tidak bisa mencetak seluruh percakapan sekaligus.

Cara print chat Whatsapp sangat mudah untuk dicoba. Berikut langkah-langkahnya:

Untuk Pengguna Android

  1. Buka obrolan WhatsApp yang ingin kita cetak
  2. Klik nama tanda tiga titik di pojok kanan atas
  3. Gulir ke bawah Pilih “Export Chat”
  4. Pilih “Including Media”
  5. Kirim obrolan melalui email dan baru bisa dicetak

Untuk Pengguna iOS

  1. Buka obrolan WhatsApp yang ingin kita cetak
  2. Klik pada nama obrolan yang ingin dicetak
  3. Gulir ke bawah dan pilih “Export Chat”
  4. Pilih “Add Media”
  5. Kirim obrolan Anda melalui email dan cetak
Baca Juga :  Cara Agar Akun WA Tak Sembarangan Dimasukkan Grup

Setelah Proses Export

WhatsApp mengirimkan obrolan kita sebagai file .zip yang berisi file .txt dan media yang terkait dengan obrolan tersebut. Pengguna Mac dapat membuka file .zip dengan mengklik file dua kali.

Kita dapat membuka file .txt dengan program editor teks yang sudah diinstal sebelumnya. File ini berisi stempel tanggal dan waktu untuk masing-masing pesan, pesan itu sendiri, dan emoji.

Saat kita mengirim obrolan melalui email, ia akan dikirim sebagai file teks emoji biasa – dan itulah kelemahan utama dari opsi ini: gambar, pesan suara, dan video akan “hilang”.

WhatsApp mengekspor foto, video, dan pesan suara (pastikan untuk memilih “Including Media” dalam proses ekspor), tetapi menyimpannya dalam folder terpisah dan tidak mengintegrasikannya ke dalam file teks obrolan.

Cara print chat WhatsApp di atas mungkin bisa menjadi solusi ketika kita tidak ingin mem-backup pesan lewat Google Drive.

Selama ini pengguna Whatsapp biasa menyimpan atau mem-backup chat di layanan penyimpanan awan (Cloud) seperti iCloud atau Google Drive.

Baca Juga :  Mudah dan Cepat! Ini 4 Cara Cek Nomor Telkomsel

Dalam hal ini, fitur percakapan email WhatsApp sangat berguna. Dengan maraknya teknologi, pesan WhatsApp bisa dijadikan alat bukti di pengadilan.